Selain Sawit dan Aren, Pemkab Batanghari akan Bagikan Bibit Karet Gratis 37.500 Batang

Untuk maksimum lahan untuk distribusi bibit karet itu sendiri, maksimal satu hingga dua hektare. Namun untuk lebih lanjut masih akan dibahas kembali.

Selain Sawit dan Aren, Pemkab Batanghari akan Bagikan Bibit Karet Gratis 37.500 Batang
Tribun Jambi/Abdullah Usman
Replanting karet di Batanghari. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Selain replanting karet Pemkab Batanghari kembali menyalurkan bibit karet gratis untuk petani sebanyak 37.500 batang.

Selain sawit dan aren, Pemkab Batanghari melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Batanghari, melakukan pemberian bibit karet gratis menggunakan dana APBD dan APBN.

"Untuk tahun 2019 ini kita mendapat bantuan bibit karet ada dari APBN sebanyak 350 Ha, secara gratis per hektarenya 500 batang. Ditambah dari APBD II 45 Ha, total 295 Ha yang akan dibagikan ke petani," ujar Kabid Perkebunan Dinas perkebunan dan Peternakan Kabupaten Batanghari, Jumri, kepada Tribunjambi.com beberapa waktu lalu.

Jumri mengatakan dalam proses penerimaannya lebih kurang sama dengan bibit sawit. Petani harus mempersiapkan permohonan dilengkapi dengan KTP, surat ke pemilikan tanah atau lahan, tentunya akan dilakukan peninjauan lapangan.

"Meskipun mereka sudah mengajukan lahan, namun akan kita cek dulu ke lapangan sesuai tidak. Jangan sampai lahan yang mereka ajukan tadi merupakan lahan rawa atau sawah," ujarnya.

Untuk maksimum lahan untuk distribusi bibit karet itu sendiri, maksimal satu hingga dua hektare. Namun untuk lebih lanjut masih akan dibahas kembali.

Jika dibandingkan dengan bantuan bibit tahun lalu, tahun ini terbilang mengalami peningkatan. Pada 2018 lalu dari APBN 100 Ha dan APBD II 30 Ha dengan total 130 Ha.

"Peningkatannya dua Kali lipat dari tahun sebelumnya. Untuk penyalurannya kita lihat dari permohonan per kecamatan," pungkasnya.

Baca Juga:

10 Siswa SLB Korban Pedofilia, Murid Mengadu ke Guru Atas Kelakuan Pengasuh Asrama

 Tiga Kali Gempa Tektonik Guncang Sumba Barat Selasa (22/1) Pagi, Ini Rinciannya

 Wakil Bupati Trenggalek Hilang Misterius Bersama Ajudan Sejak 9 Januari, Emil Dardak Kontak Batin

 Sosok Istri Wakil Bupati Trenggalek yang Hilang Misterius, Novita Hardini Selalu Tampil Modis

Penulis: Abdullah Usman
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved