Bagaimana Bisa Seorang Pelatih Bisa Menjadi Juru Kunci Kemenangan Sebuah Klub Sepak Bola Seperti MU?

Manchester United mulai awal Liga Inggris tertatih, saat dibawah asuhan Jose Mourinho, Setelah berganti Pelatih ke Solskjær, kembali tunjukkan taring.

Bagaimana Bisa Seorang Pelatih Bisa Menjadi Juru Kunci Kemenangan Sebuah Klub Sepak Bola Seperti MU?
Twitter @premierleague
Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer merayakan kemenangan timnya atas Cardiff City dalam laga pekan ke-18 Liga Inggris di Stadion Cardiff City, Minggu (23/12/2018) dini hari WIB. 

TRIBUNJAMBI.COM - Manchester United memulai awal Liga Inggris dengan tertatih, saat dibawah asuhan Jose Mourinho, Setelah berganti Pelatih ke Ole Gunnar Solskjær, Man United kembali menunjukkan taringnya.

Bagaimana bisa seorang pelatih bisa merubah dan meningkatkan kapasitas sebuah klub dengans seketika bisa berubah drastis?

Hal ini bisa menjadi bukti bahwa kapasitas seorang pelatih bisa menentukan keberhasilan sebuah Klub sepak bola menorehkan prestasi yang bagus pula.

Tribunjambi.com melansir dari Football-Tribe, pelatih memiliki peran sebagai pembina dalam sebuah tim, ia yang membantu pemain untuk mempersiapkan diri menghadapi kompetisi.

Namun, kesuksesannya bukan hanya berasal dari program latihan yang sudah ia buat maupun taktik dan strateginya saja.

Baca: Vanesha Prescilia dan Iqbal Ramadhan Terjerat Cinlok? Begini Reaksi Pemeran Milea di Dilan 1991

Baca: Jadi Trending, Ini Dia Cuplikan Trailer Dilan 1991 yang Bisa Bikin Baper, Milea Sempat Putus Asa

Baca: Ahok Dikabarkan akan Menikah 15 Februari 2019, Adik Kandung BTP Akhirnya Buka Suara

Menurut Timo Scheunemann, seorang pelatih yang sukses akan mampu menggabungkan pengembangan faktor taktik, teknik, fisik, dan psikososial dalam diri pemainnya.

Hal ini serupa dengan penelitian yang dilakukan oleh Rahim Ramzaninezhad dan Misagh Hoseini Keshtan dengan mengambil subjek tim-tim di Liga Iran.

Hasil penelitian mereka yang dijadikan jurnal berjudul The Relationship between Coach’s Leadership Styles and Team Cohesion in Iran Football Clubs Professional League (2009) tentang hubungan kepemimpinan pelatih dan kekompakan.

Pelatih harus selalu memperhatikan kebutuhan fisik maupun psikologis para pemainnya agar mereka dapat menampilkan kemampuan terbaiknya dan bersama-sama meraih kesuksesan tim.

Seperti ketika Indra Sjafrie ketika masih melatih Bali United.

Halaman
123
Penulis: Leonardus Yoga Wijanarko
Editor: Leonardus Yoga Wijanarko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved