Perwal Larangan Penggunaan Plastik di Retael, Ini Tanggapan dan Apresiasi Instravelmate Jambi

Dengan membuka lebih banyak lahan terbuka hijau di tengah kota rasanya akan menjadi solusi yang menyenangkan.

Perwal Larangan Penggunaan Plastik di Retael, Ini Tanggapan dan Apresiasi Instravelmate Jambi
tribunjambi/nurlailis
Ary, Instravelmate Jambi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwal) nomor 61 Tahun 2018, mulai 2019 semua retail tidak lagi menyediakan kantong plastik. Hal ini disebabkan Kota Jambi menyumbang 40 persen dari sampah plastik, sehingga diterapkan dengan membawa kantong plastik dari rumah.

Saat ini sudah ada beberapa retail yang menerapkan. Pemerintah masih terus melakukan evaluasi dan pembinaan hingga tiga bulan ke depan.

Menurut tanggapan dari beberapa kaum millennials hal ini merupakan langkah yang tepat mengingat plastik adalah barang yang sulit untuk lebur hingga bertahun-tahun. Berikut adalah tanggapan dari anggota instravelmate Jambi.

Lanny Octarisya Putri

Ketika pertama kali mendengar berita Pemkot Jambi mengeluarkan larangan penggunaan kantor plastik di pasar dan pusat perbelanjaan, saya lumayan kaget. Langkah yang patut diapresiasi bahwa Pemkot sudah mulai bergerak untuk membenahi masalah sampah di Kota Jambi.

Batasan penggunaan kantong plastik dari pemerintah bagi saya personal sangat membantu menggerakkan masyarakat secara tidak langsung untuk meminimalisir penggunaan sampah rumah tangga berbahan plastik yang sulit terurai.

Plastik, sekali lagi adalah sampah dominan di hampir setiap timbunan sampah di TPA. Pembatasan secara regulasi, rasanya akan efektif.

Baca: 2019, Pembatasan Penggunaan Kantong Plastik di Kota Jambi Dimulai

Baca: Jasa Ekspedisi Mengeluh Tarif Surat Muatan Udara, Ongkir Bakal Naik

Baca: VIDEO: Detik-detik Evakuasi Wanita Berbobot 350 Kg oleh Petugas, Terpaksa Dilakukan Lewat Jendela

Pembatasan penggunaan kantong plastik tanpa adanya sosialisasi, tentu akan menimbulkan pro dan kontra saat implementasi awal kebijakan karena kebiasaan masyarakat yang begitu loyal menggunakan kantong plastik, hampir di setiap aktifitas jual-beli dan perbelanjaan.

Juga ada baiknya bekerja sama dengan pihak-pihak terkait (pengusaha retail, penjual), untuk membagikan kantong plastik reusable/ramah lingkungan secara gratis, sebagai langkah awal dan contoh baik bagi masyarakat untuk dapat bersama-sama memulai kebiasaan baik tanpa kantong plastik.

Halaman
123
Penulis: Nurlailis
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved