KPU akan Bentuk Relawan Demokrasi, Ini Fungsi dan Perannya

"KPU mencatat angka partisipasi pemilih terus cenderung menurun. Makanya kita membentuk yang namanya relawan demokrasi,"ungkap Apnizal

KPU akan Bentuk Relawan Demokrasi, Ini Fungsi dan Perannya
TRIBUNJAMBI/HENDRI DUNAN
Apnizal, Komisioner KPU Provinsi Jambi, saat memberikan hadiah kepada pemenang lomba LCC Pemilu tingkat SMA-SMK yang di gelar oleh KPU Provinsi Jambi, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Hendri Dunan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi, akan membentuk relawan demokrasi. Peran relawan demokrasi ini nantinya menjelaskan kepada masyarakat bahwa relawan demokrasi merupakan mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten/kota.

Apnizal, Komisioner KPU Provinsi Jambi mengatakan, relawan demokrasi tersebut bentuk peran serta masyarakat yang diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal.

Baca: Gubernur Cup 2019, Babak Pertama, Bungo Vs Muarojambi Berakhir 3-0

Baca: Jangan Lakukan 7 Kebiasaan Setiap Habis Makan Ini, Bisa Bikin Badan Makin Melar

Baca: Gubernur Cup 2019, Kesebelasan Tebo dan Tanjabtim Berbagi Angka

Dibentuknya relawan demokrasi tersebut bilang Apnizal, dilatarbelakangi oleh partisipasi pemilih yang cenderung menurun. Empat pemilu nasional terakhir dan pelaksanaan pemilukada di berbagai daerah, menunjukkan indikasi itu.

"KPU mencatat angka partisipasi pemilih terus cenderung menurun. Makanya kita membentuk yang namanya relawan demokrasi,"ungkap Apnizal, Rabu (9/1/2019).

Menurut Apnizal, melalui program Relawan Demokrasi diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca: Bayaran Tukang Cukur Mahal, Gaji Sopir Pribadi Puluhan Juta, Segini Jumlah Kekayaan Hotman Paris?

Baca: VIDEO: Detik-detik Menegangkan Ketua DPRD Bombana Acungkan Badik ke Anggotanya, Rapat Dewan Ricuh

Baca: Pulang Dari Wisata Lubuk Beringin, HP Dirampas Pria Pakai Celurit, Pelaku Akhirnya Tertangkap

Pada akhirnya relawan demokrasi ini dapat menggerakkan masyarakat tempat mereka berada, agar mau menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana serta penuh tanggung jawab. Sehingga kata dia, partisipasi pemilih dan kualitas Pemilu 2019 dapat lebih baik dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya.

"Melalui relawan ini diharapkan mereka mampu menumbuhkan kesadaran positif pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tegas Apnizal. (*)

Penulis: dunan
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved