Malam Apresiasi Seni Budaya Jambi, Fachrori: Ini Upaya Melestarikan Budaya-budaya Jambi

"Alhamdulillah, baru-baru Ini Pemerintah Provinsi Jambi telah selesai menyusun dan merumuskan pokok pikiran kebudayaan daerah Provinsi Jambi,"

Malam Apresiasi Seni Budaya Jambi, Fachrori: Ini Upaya Melestarikan Budaya-budaya Jambi
tribunjambi/mahreza
Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar menyambut baik Malam Apresiasi Seni Budaya Provinsi Jambi yang diadakan di gedung Ratu Convention Center (RCC), Senin (7/1/2019) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Mareza Sutan A J

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar menyambut baik Malam Apresiasi Seni Budaya Provinsi Jambi yang diadakan di gedung Ratu Convention Center (RCC), Senin (7/1/2019) malam.

Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan, kegiatan itu memiliki arti dan konteks strategis untuk melestarikan budaya-budaya Jambi.

"Malam ini kita menyaksikan sebuah perhelatan seni Nusantara dalam rangka merayakan hari ulang tahun Jambi ke-62. Pertunjukan seni budaya ini dilaksanakan setiap tahun oleh Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi yang dikemas dalam sebuah acara malam apresiasi seni Melayu Jambi," sebut Fachrori.

Baca: Malam Apresiasi Seni Budaya Jambi, 3 Tokoh Seni Terima Apresiasi

Baca: Status Siaga Banjir Tidak Diperpanjang, BPBD Bungo Koordinasi dengan BMKG

Baca: Gubernur Anies Baswedan Soal Gestur Acungkan Simbol Dua Jari, Ini Katanya

"Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk implementasi dari undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, terutama dalam pelaksanaan perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan seni budaya daerah Jambi," paparnya, menambahkan.

Adapun bentuk apresiasi pada malam itu, mengajak hadirin untuk melihat kembali peranan para seniman muda Jambi sebagai pewaris kebudayaan Melayu dalam menggali dan mengembangkan kebudayaan tersebut.

"Alhamdulillah, baru-baru Ini Pemerintah Provinsi Jambi telah selesai menyusun dan merumuskan pokok pikiran kebudayaan daerah Provinsi Jambi," lanjutnya.

Malam Apresiasi Seni Budaya Provinsi Jambi yang diadakan di gedung Ratu Convention Center (RCC) Senin (7/1/2019) dihadiri Plt Gubernur Jambi, Kapolda Jambi, Sekdaprov, dan pejabat serta unsur Forkompimda
Malam Apresiasi Seni Budaya Provinsi Jambi yang diadakan di gedung Ratu Convention Center (RCC) Senin (7/1/2019) dihadiri Plt Gubernur Jambi, Kapolda Jambi, Sekdaprov, dan pejabat serta unsur Forkompimda (tribunjambi/mahreza)

Dikatakannya, pada perhelatan kongres kebudayaan Indonesia tanggal 9 Desember 2018, lalu Presiden Joko Widodo melakukan launching program yang mendukung pemajuan kebudayaan tersebut. Hal ini, ujarnya, sangat penting bagi pemerintah Provinsi Jambi.

"Oleh karena itu, kegiatan perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan seni budaya daerah tidak lari dari pokok pikiran budaya daerah yang telah dirumuskan oleh pemerintah Kabupaten/Kota dan provinsi Jambi," paparnya.

Malam Apresiasi Seni Melayu Jambi adalah salah satu upaya pemerintah daerah dalam pelaksanaan kegiatan pembinaan-pembinaan terhadap generasi muda untuk mencintai kebudayaannya sendiri.

Baca: Mega Sebut Dirinya dan Prabowo Berteman Baik, Kok Anak Buahnya Gitu Ya?

Baca: Pendukung Laskar Uhang Kito Kecewa, Gubernur Cup 2019, Sungaipenuh tak Kirim Kontingen

Baca: Ruben Onsu Tanggapi Kasus Prostitusi Artis, Yang Begituan Nggak Cuma Artis Doang

Dia pun turut mengungkapkan kebahagiaannya dalam menghadiri perhelatan bertema 'Kecik Sakti, Tuo Betuah' itu. Kegiatan itu juga didominasi oleg pemuda-pemuda Jambi, termasuk dari kalangan pelajar dan mahasiswa di Jambi.

"Mereka yang akan menggali dan mengembangkan seni budaya daerah Jambi dengan kreativitas dan inovasi, seiring dengan perkembangan zaman. Tetapi tidak meninggalkan akal kebudayaannya. Sehingga, eksistensi kebudayaan Melayu Jambi akan tetap hidup dan berkembang di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan itu juga, dia mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak. (*)

Penulis: Mareza
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved