Dapat Sertifikat IG, Pemkab Kerinci Terus Perluas Penanaman Kopi Arabika

"Kopi Arabika kita kan sudah dapat sertifikat IG, karena Kopi Kerinci telah memiliki aroma cita rasa yang berbeda dengan kopi lainya," ujarnya

Dapat Sertifikat IG, Pemkab Kerinci Terus Perluas Penanaman Kopi Arabika
TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA
Ilustrasi. Kebun kopi arabica

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Setelah Kopi Arabika Kerinci mendapatkan sertifikat IG, pengembangan kopi terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui Dinas Pekerbunan dan Peternakan Kabupaten Kerinci.

Salah satu upaya pengembangan yang dilakukan Disbunnak Kerinci, yakni dengan memperluas penanaman Kopi Arabika, diseluruh kecamatan dalam Kabupaten Kerinci.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan kabupaten Kerinci, Efrawadi mengatakan, Kopi Arabika Kerinci, terus dikembangkan penanamannya. Karena Kopi Arabika masuk salah satu yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Baca: 130 Petani Ikuti Program Tanam Kopi Arabika di Kawasan Penyangga TNKS

Baca: Ditarget Juara 1 Gubernur Cup 2019, Pemkot Jambi Janjikan Reward untuk Pemain

Baca: Ternyata Begini Cara Booking Vanessa Angel dan Avriellya Shaqila, Aturan Main Wajib DP 30 Persen

"Kopi Arabika kita kan sudah dapat sertifikat IG, karena Kopi Kerinci telah memiliki aroma cita rasa yang berbeda dengan kopi lainya," ujarnya, Minggu (6/1/2019).

Makanya pada tahun 2019 lanjutnya, seluas 500 hektare lahan akan dikembangkan untuk penanaman Kopi Arabika. Bahkan pihaknya telah menyiapkan bibit kopi beserta pupuk untuk dibagi kepada petani di Kabupaten Kerinci.

"Tahun 2018 seluas 200 hektare yang kita kembangkan tanam kopi, tapi Alhamdulillah tahun 2019 ini seluas 500 hektar, yang dikelola oleh kelompok tani. Karena yang menyiapkan lahannya adalah kelompok, kita hanya menyiapkan bibit kopi dan pupuknya," tuturnya.

Baca: Terkuak, Cara Pria Hidung Belang Ini Bisa Kencani Vanessa Angel hingga Dilayani di Kamar Hotel

Baca: Ini Dia Pengakuan Vanessa Angel, 4 Hal yang Disampaikan Setelah Diciduk Saat Layani Tamu di Hotel

Baca: Ikan Tuna Raksasa Ini Terjual Rp 43 Miliar, Inilah Orang Beruntung yang Berhasil Membelinya

Untuk bibit yang akan dibagikan kepada kelompok tani, kata Efrawadi, sebanyak sekitar 800 ribu batang bibit kopi. Bibit itu dibagi kepada 40 kelompok tani yang tersebar di setiap kecamatan di Kabupaten Kerinci.

"Lokasi langsung kelola kelompok tani, kalau pupuknya adalah pupuk organik sekitar 300 ton, yang dibagi kepada 40 kelompok tani," tandasnya.(*)

Penulis: heru
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved