Bantu Korban Tsumani Lampung Selatan, PMI Provinsi Jambi Kembali Kirim 12 Relawan

PMI Provinsi Jambi kembali kirim 12 relawan untuk bantu pemulihan korban tsunami di Lampung Selatan, Kamis (2/1/2019).

Bantu Korban Tsumani Lampung Selatan, PMI Provinsi Jambi Kembali Kirim 12 Relawan
Tedjo Sukomono
Loakasi Desa Kunjir pasca dihantam tsunami. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBIPMI Provinsi Jambi kembali kirim 12 relawan untuk bantu pemulihan korban tsunami di Lampung Selatan, Kamis (3/1/2019).

Ke-12 relawan PMI tersebut dari Kabupaten Tebo 6 orang, Kota Jambi 4 orang dan Kabupaten Sarolangun 2 orang. Mereka akan membantu proses evakuasi, asessment, PSP, logistik dan layanan kesehatan serta menyerahkan bantuan.

Tedjo Sukomono, Wakil Ketua PMI Provinsi Jambi mengatakan, 12 relawan yang kirim akan menuju Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. Desa berpenduduk 240 jiwa itu sempat terisolasi pasca dihantam gelombang tsunami Selat Sunda.

Baca: Mbah Rono Minta Jangan Lagi Kriminalisasi Gunung Anak Krakatau, Tsunami Bukan karena Erupsi

Baca: Kekhawatiran BMKG Akan Ada Lagi Tsunami Susulan! Terjadinya Perubahan ini ke Gunung Anak Krakatau

Baca: Temuan 4 Fakta Terbaru dari Gunung Anak Krakatau, Ada Retakan yang Bisa Berpotensi Tsunami Susulan

Meski status tanggap darurat diperpanjang hanya sampai 5 Januari. Namun menurut Tedjo, korban tsunami yang kehilangan tempat tinggal masih butuh bantuan.

“Pasca tanggap darurat nanti masuk fase rehabilitasi. Korban yang rumahnya hilang itukan belum selesai. Kita masuk tahap rehabilitasi,” katanya.

Sebelumnya, 12 relawan PMI yang berangkat 26 Desember lalu, membantu pengadaan air bersih, asessment, evakuasi hingga pemulihan psikologis korban tsunami, terutama anak-anak.

“Kita lakukan pendataan korban dan apa yang dibutuhkan korban, termasuk logistik,” kata Tedjo.

Namun, menurutnya selama membantu evakuasi korban tsunami di Lampung Selatan, rata-rata semua  kebutuhan sudah terpenuhi.

“Mungkin yang diperlukan sekarang adalah hunian sementara.”

PMI Provinsi Jambi juga membantu pelayanan kesehatan bekerja sama dengan IDI Lampung, pembagian logistik, dan evakuasi dengan menyisir pantai, puing-puing.

“Informasinya masih ada 6 korban yang belum ketemu. Kemungkinan mereka terbawa arus, kalau ditertimpa puing mungkin bisa ditemukan, karena alat berat banyak dikerahkan,” kata Tedjo.

Relawan PMI juga melakukan psikososial support untuk  menghibur anak-anak korban tsunami. “Kemarin kami dari Jambi bawa mobil-mobilan.”

Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved