Waspadai KK Palsu, Jangan Tergoda Bujuk Rayu Calo yang Bisa Urus Rp 300 Ribu

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Kepala Dinas Dukcapil Sarolangun, Helmi mengingatkan masyarakat

Waspadai KK Palsu, Jangan Tergoda Bujuk Rayu Calo yang Bisa Urus Rp 300 Ribu
Tribun Jambi/Wahyu Herliyanto
Ilustrasi ---Wakil Bupati Hillalatil Badri mendatangi kantor Dukcapil Sarolangun 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Kepala Dinas Dukcapil Sarolangun, Helmi mengingatkan masyarakat Sarolangun, agar mengurus dokumen kependudukan; KTP, KK dan sebagainya, tidak melalui perantara atau calo.

Masyarakat diminta datang sendiri ke kantor Dinas Dukcapil, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Seperti yang dialami seorang warga belum lama ini, mendatangi kantor Dinas Dukcapil karena merasa curiga, KK yang diterimanya melalui seorang calo berbeda dengan yang dikeluarkan oleh Dinas Dukcapil Sarolangun.

"Berdasarkan bantuan masyarakat juga, kami mohon. Kami sudah bekerja maksimal sesuai regulasi dan SOP yang ada. Tapi masyarakat yang datang ke sini, sejauh mana niat mereka kami di sini lillahi ta'ala melayani secara gratis," ungkap Helmi, belum lama ini.

Ia menjelaskan, berdasarkan laporan masyarakat tersebut, calo meminta sejumlah uang Rp 300 ribu, dengan setoran awal Rp 50 ribu.

Namun, setelah dicek KK yang dilaporkan warga tersebut, selain kertasnya tipis, tanda tangan Kadis Dukcapil juga dipalsukan pelaku.

"Bisa dikatakan mengacau, kami lihat segi finansial saja, Keterangan masyarakat diminta DP 50, kalau sudah selesai baru ditambah lagi 250, itu kata si korban. Bisa dilihat sendiri, segi materil fisiknya itu jelas beda, KK asli itu tebal, mutu kualitas kertasnya lebih bagus," katanya.

"Sedangkan aspal itu agak tipis dan tanda tangan bisa dilihat dari tekukan tanda tangan saya itu. Saya tidak pernah menggunakan pena yang tipis, saya gunakan pena tinta yang tebal, walaupun sedikit mirip tapi itu bukan tanda tangan saya," katanya lagi.

Atas kejadian ini pula ia telah melaporkan kejadian ini ke pihak yang berwajib, agar bisa diproses, dan secepatnya bisa mengetahui pelaku calo tersebut. (cwa)

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved