Biodiesel B20 Dongkrak Harga Sawit di Jambi Naik

Pada triwulan keempat 2018 sektor industri pengolahan diperkirakan tumbuh meskipun masih terbatas.

Biodiesel B20 Dongkrak Harga Sawit di Jambi Naik
tribunjambi/syamsul bahri
Petani sawit di Sungai Bahar, Muarojambi 

Laporan wartawan Tribun Jambi Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Berdasarkan hasil survey kegiatan usaha yang dilakukan Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi pada triwulan ketiga 2018 lalu bahwa kegitan usaha sektor industri pengolahan tumbuh meningkat dengan SBT sebesar 0,77 persen.

Pada triwulan keempat 2018 sektor industri pengolahan diperkirakan tumbuh meskipun masih terbatas disebabkan oleh peningkatan biaya bahan baku impor.

Dikatakan Bayu Martanto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, faktor utama yang akan mempengaruhi perkembangan sektor industri pengolahan pada triwulan empat adalah dimulainya penerapan kewajiban biodiesel B20 sejak September 2018.

"Selain itu, rencana pemanfaatan crumb rubber sebagai komponen campuran aspal juga dapat menjadi insentif bagi pelaku usaha industri pengolahan karet,” ujarnya.

Para pelaku usahapun memperkirakan bahwa sektor industri pengolahan masih akan tumbuh positif pada triwulan empat 2018 dengan SBT sebesar 0,03 persen.

Pada triwulan III 2018 kemarin, sektor ini mengalami pertumbuhan sebesar 4,18 persen (yoy) atau meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya. Sumbangan sektor ini terhadap total pertumbuhan triwulan ketiga sebesar 0,46 persen.

“Perbaikan kinerja sektor ini sejalan dengan pertumbuhan sektor pertanian, kehutanan dan perikanan yang menjadi faktor input utama industri pengolahan Provinsi Jambi mengingat 50 persen dari jumlah industri tersebut merupakan industri makanan yang berbasis kelapa sawit,” ungkapnya.

Baca: 3 Kader Partai Demokrat Jambi Tersangka Suap Ketok Palu,Burhanuddin Mahir: Kita Konsultasi ke DPP

Baca: Nama Chumaidi Zaidi Ditetapkan KPK Jadi Tersangka Ketok Palu APBD, Ini Tanggapan DPD PDIP Jambi

Baca: Tetapkan 12 Anggota DPRD Jambi Tersangka, KPK: Ada Kemungkinan yang Lain Seperti di Malang

Baca: Dalami Kasus OTT Terkait Penerimaan CPNS, Kepala BKD dan Sekretaris Diperiksa Kejari Muarojambi

Baca: VIDEO: Gunung Anak Krakatau Siaga Level III, Waspada Tsunami Warga Diminta Hindari Radius 5 Km

Peningkatan sektor pengolahan juga tercermin dari data BPS Provinsi Jambi, dimana industri manufaktur berskala besar dan sedang serta mikro dan kecil tercatat tumbuh lebih tinggi dari pertumbuhan nasional.

Pertumbuhan industri manufaktur besar dna sedang pada triwulan ketiga 2018 mencapai 9,11 persen didorong oleh pertumbuhan semua jenis industri terutama makanan. Produksi indutsri manufaktur mikro dan kecil tumbuh 6,17 persen trutama didorong pertumbuhan industri minuman dan industri pakaian jadi.

Perkembangan industri yang positif pada triwulan kedua dan ketiga ternyata belum mampu mendorong pertumbuhan industri karet. Data produksi karet triwulan ketiga 2018 mengalami kontraksi 1,44 persen (yoy). Total volume produksi karet pada triwulanketiga 2018 yakni sebesar 114,13 ribu ton meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 105,17 ribu ton.

Sebagai tambahan, Ketua Apkasindo Provinsi Jambi, Roy Asnawi, mengatakan untuk minggu ini harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit sampai 3 Januari 2019 kembali merangkak naik sebesar Rp43.90. Untuk TBS kelapa sawit umur 3 tahun dihargai Rp1.018, umur 4 tahun Rp.1085, umur 5 tahun Rp1.135 dan umur 6 tahun Rp1.183.

Sedangkan umur 7 tahun dihargai Rp1.213, umur 8 tahun Rp1.239, umur 9 tahun Rp1.263. Umur TBS dari 10 sampai 20 tahun Rp1.302, umur 21 sampai 24 tahun Rp1.263 Rp dan umur 25 tahun dihargai Rp1.204. Harga CPO dan Kernel masing-masing Rp5.969 dan Rp4.397 dengan indeks K yang digunakan 84,69 persen.

"Kenaikan ini berkaitan juga dengan kebijakan pemerintah mengenai kewajiban penggunaan biodiesel B20 sejak September 2018," kata Roy.

Baca: Penetapan Tersangka Ketok Palu APBD Jambi 2018 Apakah Berpengaruh Terhadap DCT? Ini Penjelasan KPU

Baca: Tiga Pimpinan DPRD Provinsi Jambi Ditetapkan Sebagai Tersangka, Anggota Dewan Tak Hadir Dari Pagi

Baca: OPPO Luncurkan F9 Jade Green, Ini Keistimewaan Ponsel Rp 4,2 Juta

Penulis: fitri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved