VIDEO: Kabut Menyelimuti Gunung Anak Krakatau, Suara Dentuman Erupsi Masih Terdengar Siang ini

"Suhu udara 25-27 derajat celcius dan kelembaban udara 90-96 persen. Volume curah hujan tidak tercatat," kata Kristianto.

TRIBUNJAMBI.COM, CARITA - Suara dentuman keras Gunung Anak Krakatau masih terdengar di pesisir pantai Anyer-Carita hingga pukul 13.00 WIB, Rabu (26/12/2018).

Berdasarkan laporan aktivitas vulkanik dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM, anak gunung Krakatau diselimuti kabut.

Pada laporan periode pengamatan pukul 06.00-12.00 WIB sekeliling gunung setinggi 338 mdpl tersebut cuaca terpantau mendung.

Baca: Terbangi Anak Krakatau, Tim BMKG & TNI Disambut Debu Vulkanik Berbentuk Pecahan Kaca, Misi Batal

Baca: 5 Kunci T Dipotong Kecil-kecil, Kejari Tanjab Timur Musnahkan Barang Bukti

"Gunung kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Masih terdengar suara dentuman di pos PGA," ujar Kasubdit Mitigasi Bencana Geologi wilayah Barat PVMBG Kementerian ESDM Kristianto dalam keterangannya, Rabu (26/12/2018).

Dari data yang dikumpulkan, di sekitar Gunung Anak Krakatau, angin bertiup sedang hingga kencang ke arah utara dan timur laut.

"Suhu udara 25-27 derajat celcius dan kelembaban udara 90-96 persen. Volume curah hujan tidak tercatat," kata Kristianto.

Baca: Mabuk! Pelaku Penembakan Letkol TNI Tembakkan 4 Peluru, 2 Tembus Pelipis dan Perut, Ini Kronologinya

Baca: Kedahsyatan Tsunami Aceh 14 Tahun Lalu Masih Membekas, Martunis Anak Angkat Ronaldo Posting Ini

Baca: VIDEO: Anak Lelaki Herman Seventeen Terlihat Datangi Makam Saat Subuh, Mengelus-elus Nisannya

Secara pengamatan visual, Gunung Anak Krakatau tak terlihat lantaran tertutup kabut, sehingga petugas PVMBG tidak dapat melakukan pengamatan asap vulkanis dari kawah gunung.

Secara keseluruhan, tingkat aktivitas anak Gunung Krakatau berada di Level II atau waspada.

"Masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius dua kilometer dari kawah Anak Gunung Krakatau," imbau Kristianto.(*)

Penulis: wawan kurniawan
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved