BI Jambi Siapkan Rp2,63 T Uang tunai Untuk Penuhi Permintaan Masyarakat Jelang Natal dan Tahun Baru

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi memproyeksikan permintaan uang selama periode Natal dan Akhir Tahun 2018

BI Jambi Siapkan Rp2,63 T Uang tunai Untuk Penuhi Permintaan Masyarakat Jelang Natal dan Tahun Baru
TRIBUNJAMBI/MUZAKKIR
Ilustrasi: Petugas BI tengah memeriksa uang kertas. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang cash di provinsi Jambi, Bank Indonesia telah menyiapkan Rp 2,2 triliun. 

Laporan wartawan Tribun Jambi Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi memproyeksikan permintaan uang selama periode Natal dan Akhir Tahun 2018 (1-31 Desember 2018) tidak akan mengalami peningkatan secara signifikan di bandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dikatakan Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi Bank Indonesia Provinsi Jambi, Pandu Wirawan, pihaknya telah mempersiapkan uang tunai dengan jumlah yang mencukupi.

Posisi kas per tanggal 13 Desember 2018 sebesar Rp2,63 triliun yang diperkirakan mencukupi baik dari jumlah nominal maupun denominasi (per pecahan).

"Kita masih punya Rp2,63 triliun, jadi sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan akhir tahun, kita harap masyarakat bisa mendapatkan uang yang dibutuhkan tentunya melalui perbankan," ujarnya, Jumat (21/12).

Realisasi outflow periode Desember 2017 sebesar Rp1,17 triliun dan realisasi penarikan perbankan (Outflow) dari tanggal 1 s.d 14 Desember 2018 lalu sebesar Rp397,55 miliar.

Baca: Berpotensi Tsunami Susulan, BMKG Imbau Masyarakat tak Beraktivitas di Sekitar Selat Sunda

Baca: VIDEO: Inilah Penyebab Tsunami Selat Sunda di Pantai Kawasan Banten dan Lampung, Bukan Karena Gempa

Baca: Lebam di Wajah, Ade Dora Rekan Aa Jimmy Kisahkan Tsunami Diawali Gempa, Minta Tolooong. . .

Fadhil Nugroho, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi menambahkan, kalaupun terjadi lonjakan penarikan dua kali lipat dari tahun lalu, Bank Indonesia tetap mampu menyediakan karena uang yang disediakan 100 persen lebih dari kebutuhan masyarakat.

Bank Indonesia juga telah mengimbau kepada seluruh bank di Jambi untuk mengelola persediaan uang pecahan besar (UPB) yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan ATM.

Diharapkan ATM perbankan dapat berfungsi secara optimal untuk memenuhi kebutuhan uang masyarakat Jambi selama periode libur Bersama.

"Kepada perbankan, senantiasa memastikan bahwa ATM diisi secara konsisten, tentunya kita berkomitmen memenuhi UPB untuk kebutuhan ATM perbankan selama periode libur Natal dan Tahun Baru," tutup Pandu.

Baca: Debut Egy Maulana Vikri Kecoh 2 Pemain Lawan, Main di Tim Utama Lechia Gdansk Cukur Gornik Zabreze

Baca: Soeharto Diam-diam Ketemu Istri Cantik Bung Karno di Lapangan Golf, Bu Tien Tahu Lalu Marah Besar

Penulis: fitri
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved