500 Ha Kawasan Cagar Alam Hutan Bakau Pantai Timur Rusak, BKSDA Jambi Canangkan Pemulihan Ekosistem

Dari 4.126 Hektare luas lahan kawasan cagar alam hutan bakau pantai timur yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, sedikitnya 508 ha rusak

500 Ha Kawasan Cagar Alam Hutan Bakau Pantai Timur Rusak, BKSDA Jambi Canangkan Pemulihan Ekosistem
TRIBUNJAMBI/ZULKIFLI AZIS
Penanaman pohon dalam rangka pencanangan gerakan pemulihan ekosistem Pantai Timur 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Dari 4.126 Hektare luas lahan kawasan cagar alam hutan bakau pantai timur yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, sedikitnya  508 hektare dalam kondisi rusak dan perlu dilakukan pemulihan.

Kerusakan itu diantaranya disebabkan adanya ulah masyarkat yang dengan sengaja menebang dan mengambil kayu hutan bakau tersebut maupun karena faktor alam seperti abrasi.

Untuk mengembalikan fungsi hutan bakau pantai timur Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi melakukan kegiatan pencanangan pemulihan ekosistem cagar alam hutan bakau pantai Timur, yang digelar di Kecamatan Nipah Panjang pada sabtu (22/12) kemarin.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Jambi, Rahmad Shaleh menyampaikan bahwa kegiatan pemulihan ekosistem hutan bakau pantai timur tahun 2018, pada tahap awal ini BKSDA Jambi mengambil rool model pemulihan ekosisitem di lahan seluas 30 hektare yang ada di Pulau tengah di Kecamatan Nipah Panjang, Tanjabtimur.

Baca: 29 Mayat Dievakuasi dari Pantai Anyer Pandeglang, Sutopo: Data Korban Kemungkinan Bertambah

Baca: VIDEO: Detik-detik Tsunami Selat Sunda Sapu Daratan Banten dan Lampung, Warga Jadi Korban

Baca: Lama Tak Terdengar Kabarnya, Ini Kegiatan Ridho Rhoma, Bakal Manggung di Merangin Ekspo 2018

"Diantara kegiatan yang dilakukan diantaranya, Penyusunan kajian pemulihan ekosistem, sosialisasi kepada masyarakat, penanaman bakau yang melibatkan masyarakat. Intinya kegiatan ini kita jadikan masyarakat sebagai subjek," kata Rahmad.

Sementara itu, Direktur PJLHK Dody Wahyu Karyanto saat menghadiri kegiatan pencanangan pemulihan ekosistem hutan bakau pantai Timur ini menyampaikan, ini merupakan pemulihan ekosistem yang berkaloboratif dengan pemerintah pusat maupun masyarakat.

"Ini baru pilot project, sementara disiapkan 30 hektare, dan nanti kalau berhasil bisa direplikasi di tampat lain bahkan di Provinsi lain. Karena mememulihkan ekosistem mangrove itu tidak mudah," ujar Dody Wahyu.

Saat ditanya mengenai kerusakan cagar alam hutan bakau pantai Timur yang mencapai 500 hektare Dody menyampaikan ini harus dilakukan pemulihan.

Baca: Video Detik detik Panggung Seventeen Band Roboh Diterjang Tsunami Banten, Penonton Panik Berlarian

Baca: Video Detik detik Panggung Seventeen Band Roboh Diterjang Tsunami Banten, Penonton Panik Berlarian

"Harus, Inikan tanggung jawabnya pemangku kawasan BKSDA jambi, jadi seperti yang saya sebutkan tadi pemerintah telah membuat rolmodel diseluruh Indonesi, dan ini harus direplikasi. Kalau tidak kemanfaatannya akan tidak optimal," ungkapnya.

Dilain pihak, Asisten II Setda Tanjabtim Agus Sadikin, mewakili Bupati Tanjung Jabung Timur menyampaikan, kedepan Pemerintah daerah Tanjabtim berharap Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup untuk dapat melakukan pemulihan ekosistem hutan bakau pantai Timur yang rusak lebih luas lagi.

"Hari ini kita bisa menyaksikan telah dilakukan penanaman Mangrove seluas 30 hektare sebagai percontohan. Tapikan ada ekosistem yang rusak sekitar 500 hektare. Kita berharap pak Direktur maupun kementrian untuk menambah pemulihan ekosisitem lebih luas lagi," sebut Agus Sadikin.

Agus menambahkan, pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur sendiri telah proaktif dengan kawasan ekosistem mangrove, dengan menyisihkan anggaran dari ADD Rp 50 juta setiap desa yang berada di Pesisir untuk penanaman mangrove.

Baca: Aa Jimmy Ikut Jadi Korban Tsunami Banten, Ifan Seventeen: Saya Lihat dengan Mata Kepala Saya Sendiri

Baca: Bantai Klub Asal Arab 4-1, Real Madrid Pecahkan Rekor Juara Piala Dunia Sepak Bola Antar Klub 2018

Baca: Debut Egy Maulana Vikri Kecoh 2 Pemain Lawan, Main di Tim Utama Lechia Gdansk Cukur Gornik Zabreze

Penulis: Zulkifli
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved