Jambi Punya Potensi Panjat Tebing untuk Wisata, Tapi Terkendala Akses ke Lokasi

Tidak bisa dipungkiri, fasilitas dari dinding pajat di Jambi masih kurang layak untuk olahraga ini. di Jambi dinding standard nasional ...

Jambi Punya Potensi Panjat Tebing untuk Wisata, Tapi Terkendala Akses ke Lokasi
Tribun Jambi/Nurlailis
Rock climbing atau panjat tebing merupakan satu di antara olahraga alam bebas dan termasuk bagian dari mendaki gunung. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Rock climbing atau panjat tebing merupakan satu di antara olahraga alam bebas dan termasuk bagian dari mendaki gunung.

Ada banyak tebing di Indonesia yang cocok untuk olahraga ini, termasuk di Jambi. Sayangnya, sampai saat ini terkendala akses menuju lokasi.

“Panjat tebing itu ada dua kategori untuk prestasi dan rekreasi. Dulu pernah buat di Sungai Manau Merangin dan bukit yang ada di Sarolangun. Di sana ada, tapi akses ke sana yang sulit sekali. Untuk di Sungai Manau sudah pernah buka jalur ke sana namun ini wisata minat khusus dan orang disana juga kurang menekuni jadi tidak ada kelanjutan. Padahal disana ada banyak patahan,” ungkap Ketua FPTI Jambi, Cecep.

Tidak bisa dipungkiri, fasilitas dari dinding pajat di Jambi masih kurang layak untuk olahraga ini. di Jambi dinding standard nasional ada di Batanghari.

Beberapa panjat tebing terbaik di Indonesia, di antaranya ada di tebing Lembah Harau, Sumatera Barat, Tebing Citatah, Jawa Barat, Tebing Pantai Siung, Yogyakarta, Tebing Carstensz Pyramid, Papua dan lainnya.

Beberapa peralatan untuk memanjat tebing dicantaranya tali karmantel, hardness, carabiner, ascender, descender, webing, hammer, piton, hanger, chock and friend, chalk bag, sepatu. Itu adalah yang biasanya dibutuhkan untuk panjat tebing

IKUTI KAMI DI YOUTUBE:

Baca Juga:

 Viral Nama Lembaga Pemerintah Daerah Terpanjang, sudah Disingkat Masih Tetap Panjang

 Selamat Hari Ibu 2018, Berikut Ini Kumpulan Lirik dan Chord Gitar Lagu untuk Ibu, Mengharukan!

 Kisah Lucu Kopassus - Terbang Tak Pernah Mendarat hingga Pelatih Lebih Menakutkan daripada Setan

 7 Fakta Jelang Ahok Bebas, Mengapa Banyak Pihak Menunggu?

Penulis: Nurlailis
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved