PT WKS Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Para Pengurus BUMDes

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Para pengurus Bumdes pengelola program Desa Makmur Peduli Api (DMPA)

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Para pengurus Bumdes pengelola program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) memperoleh pelatihan peningkatan kapasitas Bumdes. Pelatihan ini diselenggarakan atas kerjasama PT WKS dengan Bina Aspirasi & Inovasi Rimbawa (BANIR) di Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Sungai Tapa selama 6 hari mulai 5 - 10 November 2018.

Peserta pelatihan rencananya diikuti 30 BUMDes, ternyata di hari H diikuti 35 Bumdes. Antusias pengurus Bumdes tinggi. "Walau mereka masih dalam tahapan perencanaan penerima program DMPA, mereka bersemangat," ungkap Nanang Asmoro Kepala Sekolah BPPM Sungai Tapa PT WKS, kemarin.

Bumdes yang hadir adalah Bumdes mitra, Bumdes penerima manfaat serta Bumdes desa Binaan perusahaan di sekitar konsesi dari sebaran 5 kabupaten yaitu Tanjabbar, Tanjabtim, Batanghari, Tebo dan Muaro Jambi.

Wakil dari Desa Sungai Paur, Agus mengucapkan terima kasih kepada Direktur CSR PT WKS Slamet Irianto yang telah mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas BUMDes ini. "Banyak manfaat yang diperoleh dalam kegiatan tiga hari di Balai Pelatihan Sungai Tapa," katanya.

Pelatihan yang diorganisir Bina Aspirasi dan Inovasi Rimbawan (BANIR) ini mendatangkan fasilitator nasional sebagai dinamisator dan narasumber dari dinas terkait seperti BPK Jambi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Bank Jambi.

Direktur Eksekutif Perkumpulan BANIR, Dadang Suhendar mengatakan, mendatangkan pembicara tersebut sejalan materi pokok peningkatan kapasitas pengelola Bumdes yaitu bedah regulasi Bumdes, laporan keuangan dan model kemitraan. Pelatihan ini dimaksudkan sukseskan program DMPA yang dijalankan PT WKS.

Direktur Corporate Social Responsibility PT WKS Slamet Irianto menyampaikan dengan pelatihan ini diharapkan BUMDes peserta pelatihan dapat mengelola keuangannya secara transparan, akuntable dan auditable. "Peserta juga dapat berpikir kreatif dan inovaitf agar dapat menjadi enterperuner mandiri," pungkasnya.

Program DMPA merupakan program pencegahan kebakaran hutan dan lahan diinisiasi APP Sinarmas. Pada 2020 ditargetkan sudah terlaksana di 88 Desa DMPA, hingga November 2018, PT WKS sudah menjalankan 39 Desa di wilayah Provinsi Jambi. (*)

Editor: ridwan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved