Penyandang Disabilitas Mental akan Didata, KPU Siapkan TPS di RSJ

KPU Provinsi Jambi dan KPU Kota Jambi bakal mendata warga penyandang disabilitas mental dan tuna grahita. Ini untuk mengetahui

Penyandang Disabilitas Mental akan Didata, KPU Siapkan TPS di RSJ
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 

TRIBUNJAMBI.COM - KPU Provinsi Jambi dan KPU Kota Jambi bakal mendata warga penyandang disabilitas mental dan tuna grahita. Ini untuk mengetahui data warga yang berhak mempunyai hak pilih.

Komisioner KPU Provinsi Jambi Ahdiyenti mengatakan pendataan terhadap warga disabilitas mental dan tuna grahita sebenarnya sudah dilakukan sejak pemilu periode yang lalu. Kali ini pihaknya menjalankan aturan tersebut.

"Jangan anggap disabilitas mental itu yang negatif saja, tapi ada yang normal seperti kita, namun mereka memang punya penyakit begitu," ujar Ahdiyenti, kemarin.

Dan penentuan kelayakan untuk masuk DPT itu kata Ahdiyenti, harus berdasarkan surat keterangan sakit dari rumah sakit jiwa.
"Nah jika ada surat keterangan itu, maka akan kita beri kode angka 8 untuk warga yang kena penyakit itu," ujar Ahdiyenti.

KPU Provinsi Jambi dan KPU Kota Jambi sendiri akan berkunjung ke RSJ untuk mendata pemilih disabilitas mental. "Ini berdasarkan surat edaran KPU RI untuk membuat TPS di sana," ujar Ahdiyenti.

Sementara KPU Kota Jambi juga mengaku akan mendata warga disabilitas mental. "Saat ini kita belum menerima laporan dari kecamatan, masyarakat yang terkena disabilitas mental," ujar komisioner KPU Kota Jambi Arif Lesmana Yoga.

Dia mengatakan warga yang terkena disabilitas mental ini akan diverifikasi berdasarkan surat keterangan dari rumah sakit jiwa. "Jika terbukti maka akan kita tandai," ujar Arif Lesmana Yoga.

Pihaknya tidak mau menyebut istilah orang gila, namun menggunakan istilah disabilitas mental, karena kata Arif berbeda. "Istilahnya disabilitas mental, bukan orang gila ya," ujarnya. (arn)

Editor: awang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved