Nilai Ekspor Jambi, Alami Kenaikan di Oktober 2018

Menurut komoditinya, nilai ekspor kelompok pertanian Oktober 2018 mengalami penurunan sebesar 2,57 persen dibanding bulan September.

Nilai Ekspor Jambi, Alami Kenaikan di Oktober 2018
TRIBUNJAMBI/WAHYU HERLIYANTO
Sertifikat ekspor kayu olahan jambi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Nilai ekspor Provinsi Jambi ke beberapa negara menurut data Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi, Oktober, mengalami peningkatan.

Tujuan ekspor Jambi yang mengalami peningkatan ke negara Singapura, Jerman, Cina, India, Korea Selatan dan Taiwan. Sedangkan pergerakan turunnya nilai ekspor ke beberapa negara seperti Malaysia, Thailand, Perancis, Inggris, Jepang, Amerika Serikat, dan Australia.

Ada tiga komoditi utama yang diekspor pada Oktober 2018, yaitu komoditi Migas, komoditi karet dan olahannya serta komoditi minyak nabati. Ekspor terbesar adalah komoditi Migas yang pada bulan ini diekspor ke Singapura.

Baca: Kondisi Pertambangan Jambi Akhir Tahun, Nilai Ekspor Naik 4,15 Persen

Baca: 10 Perumahan di Muaro Jambi Terkena Luapan Sungai Kenali, Sekda M Fadhil Cek Lokasi

"Komoditi karet dan olahannya terbanyak diekspor ke Amerika Serikat, Jepang, dan India dan komoditi minyak nabati terbanyak diekspor ke Malaysia, India dan Jepang," kata Dadang Hardiwan, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi.

Menurut komoditinya, nilai ekspor kelompok pertanian Oktober 2018 mengalami penurunan sebesar 2,57 persen dibanding bulan September. Hal ini dipengaruhi oleh turunnya nilai ekspor pada hampir seluruh komoditi utama kelompok pertanian kecuali pinang.

Sebaliknya, kelompok Pertanian sampai dengan Oktober 2018 nilai ekspornya naik sebesar 1,78 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun 2017. Kenaikan nilai ekspor ini karena naiknya ekspor
pada komoditi ikan dan udang, komoditi pinang dan komoditi kopi, teh , rempah.

Baca: Bujang Tewas Akibat Ditikam Anak-anak, Sebelumnya Tegur Kawanan Anak yang Ngelem

Baca: Usia Tak Menghalangi Prestasi, Susiono dan Deretan Atlet Asian Games 2018 yang Berusia Lanjut

Sama halnya dikelompok Industri yang mengalami kenaikan sebesar 22,37 persen, dari US$ 73,88 juta pada September menjadi US$ 90,41 juta pada Oktober 2018. Hal ini dipengaruhi oleh naiknya komoditi minyak nabati, komoditi arang, serta komoditi kayu lapis dan olahan lainnya.

Ekspor Kelompok Industri sampai dengan Oktober 2018, bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya turun sebesar 16,64 persen.

Pada kelompok pertambangan nilai ekspor didominasi ekspor migas. Ekspor pertambangan Bulan Oktober 2018 mencapai US$ 152,57 juta yang didominasi ekspor migas sebesar US$ 144,30 juta. Pada bulan ini tercatat ekspor Batubara sebesar US$ 8,27 juta.

Baca: Terduga Bandar Narkoba Digerebek di Rumah, Polres Tanjab Timur Beraksi

Baca: Ramalan Zodiak Rabu 5 Desember 2018 - Cancer Rawan Pertengkaran, Leo Sedang Cerah, Zodiak Kalian?

"Dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, nilai ekspor Kelompok Pertambangan sampai dengan Bulan Oktober 2018 naik sebesar 52,30 persen, hal ini dipengaruhi naiknya ekspor pertambangan Jambi baik dalam bentuk migas maupun batubara," jelas Dadang.(*)

Penulis: fitri
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved