1.000 Lebih DPT Warga Jambi di Luar Negeri Tercatat Ganda

Proses perbaikan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) ke 2 beberapa waktu lalu belum benar-benar selesai.

1.000 Lebih DPT Warga Jambi di Luar Negeri Tercatat Ganda
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
08122016_DPT 

TRIBUNJAMBI.COM - Proses perbaikan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) ke 2 beberapa waktu lalu belum benar-benar selesai. Pihak KPU Provinsi Jambi masih menerima kiriman data dari KPU RI mengenai pemilih luar negeri, ternyata data pemilih luar negeri yang dikirimkan oleh KPU RI tersebut merupakan data pemilih ganda.
Ahdiyenti, Komisioner KPU Provinsi Jambi membenarkan bila data yang diterima dari KPU RI tersebut merupakan data pemilih ganda, mereka tercatat sebagai DPT di luar negeri dan tercatat juga sebagai DPT di daerah asalnya, maka dari itu, data yang sudah diterima KPU Provinsi Jambi tersebut kemudian diturunkan ke KPU kabupaten/kota di Provinsi Jambi.
“Berdasarkan data yang kita terima, pemilih luar negeri itu terdata di luar negeri juga terdata di kita. Itu sudah terdeteksi,” ungkap Ahdiyenti, Rabu (5/12).

Baca: Nilai Tiga Kandidat Camat Teladan Fachrori Minta Camat Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat

Baca: Jalani Sidang Perdana, 4 Terdakwa Perkara Pipanisasi Tanjabbar Dengarkan Dakwaan Jaksa, Ini Isinya

Baca: Wilayah Endemik DBD di Tanjung Jabung Barat Meluas, Tiga Kecamatan Masuk Zona Rawan, Ini Penyebabnya

Pihaknya berharap agar KPU kabupaten/kota segera melakukan faktualisasi kembali terhadap data yang sudah mereka kirimkan tersebut. Sebab, data yang diberikan itu sudah merupakan data by name by address. Sehingga mereka hanya perlu mencari alamat dan memastikan keberadaan yang bersangkutan di alamat tersebut.
“Dan itu sudah kita turunkan ke KPU kabupaten/kota untuk difaktualisasikan. Dan akan dihapus,” kata Ahdiyenti.
Ahdiyenti sendiri berharap data ganda pemilih luar negeri itu bisa segera diselesaikan sebelum pertengahan Desember 2018 ini.
Dari catatan KPU Provinsi Jambi, setidaknya ada seribu pemilih asal Jambi berada di luar negeri. “Totalnya ada 1.013 orang,” ungkap Ahdiyenti.
Data pemilih yang diterima oleh KPU Provinsi Jambi tersebut tersebar di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jambi. (dun)

Terbesar Berasal dari Kerinci

Menurut data yang Tribun himpun, dari 1.013 orang data pemilih asal Jambi yang tercatat berada di luar negeri, berstatus pelajar dan TKI.
“Ini hasil deteksi yang sudah kita lakukan,” ungkap Ahdiyenti.
Ahdiyenti, mengungkapkan data ganda pemilih luar negeri tersebut paling besar berada di Kabupaten Kerinci sebanyak 425 orang. Lalu, dibawahnya dari Kota Jambi sebanyak 311 orang.
Pemilih ganda luar negeri lainnya seperti Merangin 35 orang, Sarolangun 26 orang, Batanghari 13 orang, Muarojambi 30 orang, Tanjab Barat 24 orang, Bungo tujuh orang, Bungo 28 orang, Tebo 19 orang dan Kota Sungai Penuh 68 orang. (dun)

Baca: Kasus DBD di Tanjab Barat Meningkat 100 Persen, Wilayah Endemik Meluas

Editor: awang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved