Berkas Delapan Tersangka Pengedar Kokain di Tangan JPU

Penyidik Subdit I Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jambi, telah merampungkan berkas perkara 8 tersangka ...

Berkas Delapan Tersangka Pengedar Kokain di Tangan JPU
tribunjambi/rian aidilfi afriandi
Ditresnarkoba Polda Jambi kembali mengungkap penyekundupan narkotika. Kali ini, narkoba jenis kokain seberat 1 kg berhasil diamankan dari 8 orang tersangka, Selasa (6/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rian Aidilfi Afriandi

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Penyidik Subdit I Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jambi, telah merampungkan berkas perkara 8 tersangka tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis kokain yang ditangkap, Sabtu (3/11) lalu.

Direktur Reserse Narkoba Polda Jambi, Kombes Pol Eka Wahyudianta mengatakan, bahkan pihaknya telah melakukan pelimpahan tahap 1 ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Jambi. "Berkasnya sudah tahap 1. Semua tersangka sudah kita periksa untuk melengkapi berkas. Sekarang masih di jaksa," ujarnya saat dikonfirmasi, belum lama ini.

Eka mengatakan, pihaknya juga tengah menunggu jawaban dari JPU terkait kelengkapan berkas itu. "Kalau dinyatakan lengkap maka akan kita limpahkan tahap kedua yaitu barang bukti dan para tersangka. Jika dikembalikan bakal kita lengkapi sesuai petunjuk," katanya.

Dilanjutkannya, pihaknya juga berkoordinasi dengan Polda Riau terkait pengembangan kasus ini. "Kita juga koordinasi untuk menangkap DPO di sana (Provinsi Riau,red)," jelasnya.

Untuk diketahui, para tersangka yang ditangkap bernama Sahrial (31), Sugiarto (40), Syafii (35), Ari Afrizal (42), Rasidiq (34), Okky (23), Johan (31), dan H Miming. Salah seorang pelaku yang ditangkap diketahui merupakan pecatan polisi.

Dari penangkapan terhadap delapan tersangka tersebut, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa narkotika jenis kokain seberat lebih kurang 1 kg dengan nilai lebih kurang Rp 2 miliar.

Diberitakan sebelumnya, pelaku pertama yang ditangkap adalah Johan. Dari penangkapan Johan berhasil diamankan barang bukti sebuah plastik ukuran sedang yang berisikan narkotika jenis kokain.

Pengakuan Johan, barang bukti lainnya berada pada Sahrizal. Selanjutnya petugas kepolisian melakukan pengembangan, dan berhasil menangkap Sahrizal di Hotel Tepian Angso, Kota Jambi, beserta barang bukti narkotika jenis kokain.

Setelah Sahrizal, giliran Sugiarto yang ditangkap oleh petugas kepolisian, karena kediamannya dijadikan tempat penyimpanan barang bukti kokain. Dari penggeledahan di kediaman Sugiarto, petugas kepolisian menemukan barang bukti berupa alat hisap sabu beserta plastik bening kosong.

Kepada petugas yang menginterogasinya, Sugiarto mengaku mendapatkan barang haram tersebut dari Syafii. Kemudian petugas kepolisian mendatangi kediaman Syafii di Kasang Pudak, Kabupaten Muaro Jambi untuk melakukan penangkapan. Saat dilakukan penggeledahan di kediaman Syafii, tidak ditemukan barang bukti.

Saat diinterogasi, Syafii mengaku bersama rekannya bernama Ari, menjemput paket kokain tersebut ke H Maming di Kuala Enok. Berbekal keterangan Syafii, petugas kepolisian lantas meluncur ke Pelabuhan Talang Duku untuk mengamankan Ari.

Tidak berhenti sampai di situ, petugas kepolisian kembali melakukan pengembangan. Hasilnya, H Maming berhasil ditangkap saat berada di kediamannya di Kecamatan Tanah Merah, Kuala Enok, Provinsi Riau. (*)

Baca: 4 Pecahan Rupiah yang Bakal Ditarik, Batas Penukaran sampai 30 Desember 2018

Baca: Rosita Endra Bilang Meningkat 30-60 Persen, Penilaian Perlombaan Desa P2WKSS Provinsi Jambi

Baca: Peristiwa Mapenduma, Aksi Heroik Kopassus dan Penerbang Andalan Indonesia saat Ditembaki dari Bawah

Baca: Jika Ada Temuan, Albert Minta Masyarakat Lapor ke Bawaslu

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved