Uskup Agung Palembang Mgr Aloysius Sudarso SCJ 'Curhat', Menolak Jadi Uskup hingga Kehilangan 5 Kg

"Waktu pertama kali saya diminta jadi uskup, saya menolak. Saya sampai kirim permohonan, tapi permohonan ..." kata Mgr Aloysius Sudarso.

Uskup Agung Palembang Mgr Aloysius Sudarso SCJ 'Curhat', Menolak Jadi Uskup hingga Kehilangan 5 Kg
Tribun Jambi/Mareza Sutan AJ
Sekira 250 orang berkumpul di aula SD Xaverius I Jambi. Mereka mendengarkan bedah buku 'The Power of Menyerah', sebuah biografi Mgr Aloysius Sudarso SCJ, Minggu (2/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com, Mareza Sutan A J

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Di aula SD Xaverius I Jambi, sekira 250 orang berkumpul mendengarkan tuturan bedah buku 'The Power of Menyerah', sebuah biografi Mgr Aloysius Sudarso SCJ, Minggu (2/11/2018).

Bedah buku itu disampaikan Uskup Agung Palembang, Mgr Aloysius Sudarso, SCJ, Dr Yulius Sunardi, SCJ dan Dr Hendro Setiawan, serta dimoderatori Wahyu Tri Haryadi.

Dalam bedah buku bertajuk 'Menimba Kekayaan Rohani dari Mgr Aloysius Sudarso, SCJ itu, Hendro Setiawan menyampaikan, judul tersebut merupakan sebuah paradoks. Namun, kata dia ada beberapa hal yang harus dipahami dalam penuturan 'menyerah' dalam buku itu.

"Dalam buku The Power of Menyerah, saya menemukan tiga proses menyerah. The Power of Menyerah bercerita tentang proses menyerah kepada Tuhan," terangnya.

Menurutnya, seringkali orang-orang mengukur sebuah kesuksesan dengan material. Sementara itu, dalam buku tersebut disebutkan, kesuksesan dapat diukur melalui kekayaan rohani.

"Hadiah seringkali diukur dalam bentuk uang, sehingga orang sering cenderung mengukur sukses dengan material. Padahal sebenarnya, untuk sukses, orang berusaha mengandalkan ilmu pengetahuan, dan proses menyerah kepada Tuhan," tuturnya.

Baca Juga:

Garuda Indonesia Vintage Flight Experience Hadir 7-17 Desember 2018, Pramugari Bernuansa Vintage

CEK NAMA di Sini, Link Pengumuman Peserta Lolos SKD CPNS 2018 di Beberapa Instansi

Kondisi Zumi Zola di Dalam Rumah Tahanan, Jelang Vonis pada 6 Desember 2018

Selanjutnya, dalam acara yang diselenggarakan oleh Rumah Dehonian dan DPP Santa Theresia Jambi itu, Hendro Setiawan menyampaikan, buku tersebut mengajarkan proses jalan ke puncak.

"Buku ini menceritakan kisah pembentukan jalan keutamaan menuju Allah dan kerajaan kasih-Nya," katanya.

Dalam mencapai jalan menuju Allah itu, menurutnya, membutuhkan keutamaan dan praktik unggul, kearifan, serta kesederhanaan. Untuk mencapai proses itu, lanjutnya, dibutuhkan iman, harapan, dan kasih, seperti yang terdapat dalam diri Aloysius Sudarso.

Halaman
123
Penulis: Mareza
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved