Festival Pesonal Jambi 2018

Mengintip Potensi Madu Hutan di Festival Pesona Jambi

Berbagai produk hasil hutan bukan kayu meramaikan Festival Pesona Jambi 2018, di Ratu Convention Center Jambi..

Mengintip Potensi Madu Hutan di Festival Pesona Jambi
KOMPAS/LUCKY PRANSISKA
Menunjukkan sarang lebah 

Laporan Wartawan Tribun Jambi. Tommy Kurniawan

TRIBUNJAMBI.COM JAMBI - Berbagai produk hasil hutan bukan kayu (HHBK) meramaikan Festival Pesona Jambi 2018, yang digelar di Ratu Convention Center (RCC), Kamis (29/11).

Berbagai produk yang dipamerkan di Festival Pesona Jambi di antaranya madu hutan, kopi, minyak kephiang, kayu manis, minyak atsiri, gaharu dan karet hadir mengisi stand-stand pameran.

Dari banyak produk, madu hutan digadangkan menjadi ikon yang bernilai jual cukup tinggi dan potensial di Jambi.

Pemanenan madu hutan secara tradisional oleh suku asli Jambi juga bisa menjadi wisata Jambi. 

Baca: Di Dalam Kubur Ayahnya, Suara Zumi Zola Bergetar Menahan Tangis Saat Azankan Jenazah Zulkifli Nurdin

Baca: VIDEO: Ratu Munawaroh Menangis saat Jenazah Zulkifli Nurdin Disemayamkan

Kepala Balai Perhutanan Sosial dan Konflik Lahan Wilayah Sumatera, Sahala Simanjuntak menyebutkan, melalui program percepatan perhutanan sosial, pengembangan potensi hasil hutan bukan kayu diharapkan turut meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Seperti diamanatkan dalam UU No. 41 Tahun 1999 Pasal 3 huruf d bahwa Penyelenggaraan kehutanan bertujuan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat yang berkeadilan dan berkelanjutan. Ini dengan meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan kapasitas dan keberdayaan masyarakat secara partisipatif, berkeadilan, dan berwawasan lingkungan sehingga mampu mengahadapi tekanan dari luar,” jelasnya.

Tidak hanya memberikan tempat pameran bagi beberapa potensi hutan non kayu, dalam kegiatan Festival Pesona Jambi 2018 juga membuka peluang pasar dan temu usaha antara masyarakat dan pengusaha lokal dan dari luar bahkan eksportir.

Baca: Gigi Wanita Ini Tetap Putih dan Sehat Meski Tak Sikat Gigi 10 Tahun, Rahasianya di Pola Makan

Ujang Wisnu Barata, Kepala Seksi Kemitraan Lingkungan BPSKL Wilayah Sumatera juga menyebutkan, setiap kabupaten di Provinsi Jambi memiliki potensi madu hutan dengan beragam karakteristik.

“Semua KPH yang menjadi mitra dalam program Forest Program II ini memiliki potensi madu hutan. Jadi ini sangat potensial untuk dibuka pasar yang akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya saat ditemui di Gedung Ratu Convention Center tengah mempersiapkan kegiatan Festival Pesona Jambi 2018.

Halaman
12
Penulis: Tommy Kurniawan
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved