Ini Keuntungan Bagi Daerah yang Gunakan Sistem OSS

Sedangkan, izin komersial atau operasional adalah izin yang akan diterbitkan setelah pelaku usaha mendapatkan izin Usaha.

Ini Keuntungan Bagi Daerah yang Gunakan Sistem OSS
KONTAN/CHEPPY A MUKHLIS
16052017_investasi_pembangunan 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Fadly

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik seluruh jenis pelayanan perizinan berupa sistem Online Single Submission (OSS), maka Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jambi meminta agar Seluruh Kabupaten Kota agar menerapkan OSS.

Kepala Dinas PMPTSP Provinsi Jambi, Imron Rosyadi mengatakan, dengan adanya sistem OSS ini, nantinya akan lebih memudahkan pemohon atau investor di luar kota yang ingin berinvestasi di Kota Jambi.

Baca: Setelah Terapakan Sistem Ini, DPMPTSP Inginkan Investasi Jambi Meningkat

Baca: Kabar Terbaru Vicky Prasetyo dan Angel Lelga yang Saling Lapor, Vicky Yakin Angel Segera Tersangka

Menurutnya, tidak perlu jauh-jauh mendatangi kantor DPMPTSP untuk mengurus perizinan usahanya, yang meliputi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan lainnya.

Ia menjelaskan, terkait SIUP-TDP dibagi menjadi dua yaitu izin industri dan perdagangan.

"Kalau semua sistem OSS sudah berfungsi normal maka perizinan SIUP-TDP nantinya tidak akan berlaku karena telah diganti menjadi NIB, untuk itu, pemiliknya harus kembali melakukan pendaftaran atau registrasi ulang pada sistem OSS untuk memperoleh NIB," ungkapnya.

Baca: Pesona Chanyeol EXO yang Hari Ini Ulang Tahun ke 26, Ini Deretan Drama dan Film yang Dibintanginya

Baca: Via Vallen Diturunkan dari Pesawat Jelang Terbang ke Surabaya

Izin usaha itu diterbitkan oleh lembaga OSS, atas nama menteri, pimpinan lembaga, Gubernur, atau Bupati/Wali Kota yang dilakukan setelah pemohon sudah melakukan pendaftaran.

Sedangkan, izin komersial atau operasional adalah izin yang akan diterbitkan setelah pelaku usaha mendapatkan izin Usaha.

"Tahapannya adalah pemohon harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan dan selesaikan komitmen berkas yang diperlukan dalam perizinan setelah itu baru melangkah pada izin komersial atau operasional," jelas Imron.(*)

Penulis: Muuhammad Ferry Fadly
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved