Hati-hati, Salah Coblos Bisa Sebabkan Pemungutan Suara Ulang

Banyak hal yang memicu terjadinya PSU, terutama adalah banyaknya surat suara yang akan dicoblos yakni sebanyak lima surat suara.

Hati-hati, Salah Coblos Bisa Sebabkan Pemungutan Suara Ulang
TRIBUNJAMBI/ANDIKA ARNOLDY
Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi, Wein Arifin 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Andika Arnoldy

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemilu legislatif dan presiden 2019 mendatang, dinilai rawan dan banyak kecurangan. Ini menyebabkan terjadinya pelanggaran bahkan terjadi pemungutan suara ulang (PSU).

Banyak hal yang memicu terjadinya PSU, terutama adalah banyaknya surat suara yang akan dicoblos yakni sebanyak lima surat suara. Dan, ini akan menjadi potensi kecurangan yang dilakukan Kelompok Panitia Pemungutan Suara.

Baca: Jokowi akan Hadir di Jambi. Ini Agendanya

Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi, Wein Arifin mengatakan, potensi PSU bisa terjadi, pertama pada pemilih yang pindah memilih. Misalnya mahasiswa yang mencoblos di tempat domisilinya, karyawan atau PNS yang bisa saja bukan warga Jambi kemudian pindah memilih di Jambi.

“Jika KPPS tidak paham aturan, orang yang pindah milih ini bisa saja diberikan 5 surat suara. Padahal tergantung domisilinya," papar Wein.

Baca: KPU Ikuti Putusan Bawaslu Soal Coret Caleg Melanggar Aturan

Baca: Daftar Mobil Baru Dengan Uang Muka (DP) Mulai Rp 11 Jutaan di Jambi, Dealer Geber Promo Akhir Tahun

Dia menjelaskan jika dia orang Jakarta tentu hanya bisa memilih presiden, jika dia orang kabupaten yang memilih di Kota Jambi, seperti mahasiswa, hanya bisa milih presiden dan DPD RI.

"Kekhawatiran kami, KPPS memberikan seluruh surat suara. Jika ini terjadi, maka berpotensi rekomendasi untuk PSU," beber Wein Arifin.(*)

Penulis: andika
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved