Health and Beauty

5 Mitos Keliru Tentang Penuaan Kulit, Ini Fakta Medisnya

Tampil menawan dan terhindar dari penuaan kulit merupakan keinginan hampir semua orang. Namun, hal ini tentu tidak mudah mewujudkannya.

5 Mitos Keliru Tentang Penuaan Kulit, Ini Fakta Medisnya
Health.com
Ilustrasi penuaan kulit. 

TRIBUNJAMBI.COM - Tampil menawan dan terhindar dari penuaan kulit merupakan keinginan hampir semua orang. Namun, hal ini tentu tidak mudah mewujudkannya. Apalagi ada begitu banyak mitos yang beredar tentang penuaan kulit yang beredar.

Mengutip klikdokter.com dr. Sepriani Timurtini Limbong mengatakan, tidak dimungkiri informasi yang beredar seputar penuaan kulit memang tidak sedikit. Dari sekian banyak, ada yang benar-benar sesuai fakta medis, namun ada juga pula yang hanya mitos semata.

Agar Anda tidak terjebak, berikut mitos penuaan kulit yang beredar di tengah masyarakat dan fakta medis yang ada di baliknya:

Baca: Ketemu Suami Hanya Sekali Sebulan, Berhubungan Intim Lebih 10 Kali/Hari. Ada Efek Sampingkah?

1. Penuaan kulit terjadi karena proses genetik

Faktor genetik memang berperan dalam terjadinya penuaan, tetapi itu bukan satu-satunya faktor penentu. Banyak faktor lain yang menyebabkan penuaan terjadi lebih cepat, seperti polusi, sinar matahari, pola hidup tidak sehat, stres psikologis, merokok, minum alkohol, dan sebagainya.

Faktanya, hampir 90 persen penuaan kulit disebabkan oleh faktor ekstrinsik (dari luar) tersebut.

2. Keriput adalah satu-satunya tanda penuaan kulit

"Banyak yang mengira tampilan kulit masih mulus tanpa keriput artinya belum mengalami penuaan. Padahal, keriput bukanlah satu-satunya tanda penuaan kulit," ujar dr. Sepriani.

Masih banyak tanda penuaan yang mungkin tidak Anda sadari. Mulai dari munculnya kantung mata, munculnya garis di sekitar mulut (smile line), perubahan warna kulit seperti flek atau bintik hitam, kulit tampak kendur dan kering.

Baca: GALERI FOTO: Tujuh Langkah Memberi Tampilan Baru di Kamar Tidur Anda

Baca: Bertemu Hantu di Mal, Bocah Ini Reflek Membaca Ayat Kursi. Lihat Ekspresi si Hantu

3. Krim wajah dapat menghilangkan keriput

Halaman
12
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved