Warga Desa Pemusiran Dilatih Membatik

Sebagai bentuk kepadulian sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya, Petrochina International Jabung LTD

Warga Desa Pemusiran Dilatih Membatik
tribunjambi/zulkifli
Sebagai bentuk kepadulian sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya, Petrochina International Jabung LTD melaksanakan Pelatihan membatik lanjutan di Desa Pemusiran, Kecamatan Nipah Panjang, Tanjung Jabung Timur, Senin (26/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Sebagai bentuk kepadulian sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya, Petrochina International Jabung LTD melaksanakan Pelatihan membatik lanjutan di Desa Pemusiran, Kecamatan Nipah Panjang, Tanjung Jabung Timur, Senin (26/11).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Dekranasda Tanjung Jabung Timur Wirdayanti Romi, serta dihadiri jajaran Government & Relation Superintendent PetroChina Saipul dan staf Community Development (Comdev) lainya, camat serta unsur Porkopincam Nipah Panjang.

Pelatihan ini merupakan pelatihan pelatihan membatik lanjutan yang telah dilaksanakan oleh Petrochina. Sejumlah masyadakat Desa Pemusiran akan diberikan keterampilan membantik yang dilatih oleh pelatih yang didatangkan dari Solo.

Baca: Kuliner Khas Jambi: Daun Kayu Manis Jadi Makanan Lezat

Baca: Andalkan Rekaman CCTV, Begini Mekanisme Tilang Elektronik ETLE

Baca: Penjahat Paling Cantik di Dunia Ini Sedang Diburu Polisi China

Baca: Inilah Kronologi Pesawat Garuda Tergelincir di Bandara Adisutjipto Yogyakarta

Tidak hanya itu, paket pelatihan ini juga disertai dengan bantuan peralatan membatik yang diberikan oleh Petrochina.

Goverment & Relation Superintendent Petrochina Saiful, saat diwawancarai manyampaikan, kegiatan ini merupakan suatu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan untuk masyarakat disekitar lokasi operasi.

"Jadi kami selalu mendukung upaya pemerintah, untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Salah satunya kita memandang program dari Dekranasda Tanjabtim untuk meningkatkan kemampuan membatik masyarakat," kata Saiful.

Saiful menambahkan, pelatihan membatik kembali diberikan kepada masyarakat pemusiran karena desa Pemusiran menunjukkan kegiatan membatik bisa berkembang. "Sehingga kita memberikan pelatihan tambahan hingga bisa meningkatkan kualitasnya yang pada akhirnya dapat meninggkatkan penghasilan masyarakat," ujar Saiful.

Selain itu, Saiful menyampaikan sebagai bentuk komitmen Petrochina untuk memajukan batik Tanjung Jabung Timur pihaknya turut mengkampanyekan di internal perusahaan untuk penggunaan batik Tanjung Jabung Timur pada hari-hari tertentu. Selain itu juga Petrochina turut mengakampanyekan mengenai batik Tanjung Jabung Timur di event-event regional, nasional, maupun Internasional, pada saat kita ada pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di sektor migas. "Kita turut mengkampayekan Batik Tanjung Jabung Timur ini, semoga dengan itu bisa lebih dikenal secara luas, sehingga kita bisa lebih maju," pungkasnya.

Sementara itu Ketua Dekranasda Tanjung Jabung Timur Wirdayanti Romi saat diwawancarai menyabut baik kegiatan pelatihan membatik tersebut. "Dengan adanya pelatihan membatik ini, bisa menambah wawasan pengatahuan bagi masyarakat Tanjabtim khususnya desa Pemusiran, untuk lebih memahami bagaimana teknik-teknik dasar membatik yang benar. Dan harapan kami dengan keterampilan membatik ini dapat menambah penghasilan keluarga khususnya masyarakat desa Pemusiran," sebut Wirdayanti.

Wirdayanti juga mengucapkan terimaksih kepada Petrochina yang telah memfasilitasi pelatihan membatik tersebut. "Kami khususnya pengurus Dekranasda Tanjabtim sangat berterimakasih kepada Petrochina yang telah bekerja sama melaksanakan pelatihan ini. Kami berharap kerjasama ini tetap berlanjut, tidak hanya sektor batik tetapi dalam segi kerajinan-kerajinan lain yang potensi di Kabupaten Tanjabtim sehingga kita bisa bersaing dengan daerah-daerah lain," harapnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved