Gogma: Tindak Pidana oleh Anak di Bawah Umur di Nipah Panjang Sebagian Besar adalah Pencurian

Banyaknya tindak pidana yang pelakunya anak di bawah umur di Kecamatan Nipah Panjang Tanjabtiim

Gogma: Tindak Pidana oleh Anak di Bawah Umur di Nipah Panjang Sebagian Besar adalah Pencurian
Shutterstock
Ilustrasi pencurian 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Banyaknya tindak pidana yang pelakunya anak di bawah umur di Kecamatan Nipah Panjang Tanjabtiim dan sekitarnya dibenarkan pihak Polres Tanjabtimur.

Kasat Reskrim Polres Tanjabtim AKP Gogma Uliate Sitompul saat dikonfirmasi Tribunjambi.com, mengatakan tindak pidana yang terjadi di Wilayah Kecamatan Nipah Panjang dan sekitarnya memang sebagian besar pelakunya merupakan anak di bawah umur.

"Iya benar di daerah Nipah Panjang banyak pelaku tindak pidana itu pelakunya anak-anak," kata Gogma.

Tindak pidana yang pelakunya anak dibawah umur tersebut berupa tindak pidana pencurian. "Kebanyakan yang di Nipah itu pencurian," ujar Kasat Reskrim.

Selain itu menurut Kasat, maraknya terjadi tindak pidana yang dilakukan pelaku yang masih berstatus anak-anak disebabkan kurangnya pengawasan dari orang tua.

"Banyak orang tua kerja sebagai nelayan, anak kurang pengawasan dirumah, itulah merek terkontaminasi dengan kenakalan-kenakalan jadinya mencuri," beber Gogma.

Dilanjutkan Gogma, Langkah yang bisa diambil untuk mengatasi hal tersebut yakni dengan melakukan penyuluhan dengan melibatkan pihak Bapas.

"Dari unit PPA kami juga datang untuk memberikan penyuluhan dan pengertian kepada para orang tua. Walaupun terlepas mereka bekerja setiap hari namun pengawasan terhadap prilaku anak-anak harus tetap dilakukan," ujarnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved