DPT Tanjabtim Bertambah 10 Ribu Lebih

Berdasarkan rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan

DPT Tanjabtim Bertambah 10 Ribu Lebih
tribunjambi/zulkifli
Ketua KPUD Tanjung Jabung Timur, Nurkholis 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Berdasarkan rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT-HP) diperpanjang hingga 15 Desember 2018 mendatang. Hal itu dilakukan, agar bisa dicermati kembali DPT-HP yang sudah ada.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Nurkholis kepada Tribunjambi.com mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan rapat bersama Bawaslu, Dinas Dukcapil, Partai Politik (Parpol) untuk mencermati lagi, jika masih ada ditemukan kegandaan atau ada masyarakat yang belum dimasukan ke dalam DPT-HP.

"Jika ada, pasti kita masukan dan akan langsung direkapitulasi di KPU Tanjabtim," kata Nurkholis, Senin (26/11).

Baca: Kuliner Khas Jambi: Daun Kayu Manis Jadi Makanan Lezat

Baca: Andalkan Rekaman CCTV, Begini Mekanisme Tilang Elektronik ETLE

Baca: Penjahat Paling Cantik di Dunia Ini Sedang Diburu Polisi China

Baca: Inilah Kronologi Pesawat Garuda Tergelincir di Bandara Adisutjipto Yogyakarta

Dijelaskan Nurkholis, saat ini dari DPT-HP 1 ke DPT-HP 2 bertambah sebanyak 10.328 jumlah pemilih. Namun tentunya semangat KPU adalah DPT bersih. "Saat ini kita masih terus mencermati dan terus melibatkan stackholder, karena KPU ini adalah sebagai User, yang artinya adalah pengguna data dan produsen data adalah pemerintah," sebutnya.

Maka dari itu, lanjutnya, perlu kolaborasi dan kerjasama yang baik antara KPU, Bawaslu, pemerintah dan Parpol sebagai yang berkepentingan terhadap konstituen untuk mendorong DPT mendekati sempurna. "Kita harus ada kerjasama semua, agar DPT Tanjantim bisa mencapai sempurna," ungkapnya.

Sebelumnya, Anggota KPU Provinsi Jambi yang membidangi Divisi Program dan Data, Ahdiyenti saat berkunjung ke Tanjabtim mengatakan, ia akan selalu menerima masukan dari Partai Politik dan pihak Bawaslu jika masih ditemukan Pemilih ganda ataupun masukan baru yang belum masuk ke DPTHP.

‘"Kita supervisi ke Tanjabtim dalam tahapan singkronisasi menjelang penetapan DPTHP-2. Jadi kita mengundang Bawaslu dan Partai Politik untuk mengsingkronkan data-data yang sudah dikerjakan PPK menjelang Pleno di tingkat kabupaten besok pagi,’’ ungkapnya.

‘"Misal masih ditemukan pemilih ganda, masukan baru yang belum masuk ke DPTHP, maka Bawaslu kemudian Partai Politik bisa memberikan masukan sehingga kawan kawan di operator maupun kawan kawan PPK Kabupaten Tanjabtim bisa memasukkan data data tersebut,’’ tukasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved