Bupati Tanjabtim Teken MoU Kerjasama dengan Inhil dan Lingga Terkait Pengembangan Kelapa Dalam

Hari ini, Rabu (21/2) Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) menggelar festival kelapa Indonesia ke-2 di Daboksingkep Kabupaten

Bupati Tanjabtim Teken MoU Kerjasama dengan Inhil dan Lingga Terkait Pengembangan Kelapa Dalam
Istimewa
Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) menggelar festival kelapa Indonesia ke-2 di Daboksingkep Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau. 

Laporan Wartawan TribunJambi.com Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Hari ini, Rabu (21/2) Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) menggelar festival kelapa Indonesia ke-2 di Daboksingkep Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau. Sejumlah kepala daerah penghasil kelapa dalam hadir dalam festival itu termasuk diantaranya Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Sebagai rangkaian dari festival ini juga digelar rapat kerja nasional Kopek yang menghasilkan lima butir kesepahaman diantaranya; mendorong dengan segera pembenahan tata niaga kelapa nasional. Membenahi sektor hulu dengan target luas kebun kelapa lima juta hektare. Mengembangkan industri kelapa dengan model kerjasama regional. Memiliki otoritas kelapa Indonesia yang mengurus hulu dan hilir kelapa. Serta mendirikan akademi kelapa di beberapa kawasan penghasil kelapa.

Baca: Kecamatan Mendahara Pemenang Lomba PHBS Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Tanjabtim

Pada puncak festival yang dilaksanakan di lapangan eks pertambangan timah di Daboksingkep kembali dihasilkan sejumlah kesepakatan strategis. Di antaranya penandatanganan MoU tiga kabupaten penghasil kelapa dalam yang saling berbatasan yakni Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi, Kabupaten Lingga Kepualauan Riau dan Kabupaten Indragiri Hilir Riau. 

Penandatanganan MoU itu disaksikan langsung Kepala Staf Kepresidenan Jendral Purnawirawan Muldoko. Ketiga bupati masing-masing kabupaten itu berkomitmen saling bersinergi mempercepat pengembangan kelapa dalam sebagai komoditas strategis andalan. 

Baca: Tingkatkan Kualitas Kader, TP PKK Kabupaten Tanjabtim Gelar Bimtek

Bupati Tanjung Jabung Timur H Romi Hariyanto di sela acara menjelaskan bahwa kerjasama itu berorientasi pada keseimbangan peran dalam memajukan pertanian kelapa dalam. Terlebih Tanjabtim didorong untuk hadir sebagai lokasi pengembangan sejumlah kegiatan produktif hasil perkebunan kelapa dalam. 

“Kita bagi-bagi peran dalam rangka penguatan subsektor kelapa dalam ini, insya Allah awal Februari 2019 akan ada giat lanjutan yang sangat strategis dan Tanjabtim sebagai lokasi momentum itu,” singkat Romi tanpa merinci kegiatan yang dimaksud.

Baca: Jelang Akhir Tahun, Masih Ada Satu Desa di Tanjabtim Belum Cairkan Dana Desa Tahap III

Penulis: Zulkifli
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved