Resep Jambi

Cara Praktis Bikin Sambal Tempoyak Khas Jambi

Sambal tempoyak khas Jambi. Jni petunjuk praktis bikinnya, coba deh ...

Cara Praktis Bikin Sambal Tempoyak Khas Jambi
Tribun Jambi/Aline
Sambal tempoyak, Resep Pagi TribunJambi.

MENU khas Jambi yang sangat nikmat disantap bersama nasi putih hangat

Durian…

Hmmm... ini buah emang bener rajanya buah, beneran enak banget. Di Jambi juga punya durian khas, buahnya tidak terlalu besar seperti durian montong tapi manis legitnya ga kalah sama durian montong.

Di Jambi, kalo lagi musim durian, harganya lumayan ramah loh.

Nah, kalau di pinggir jalan liat udah banyak orang jualan durian bertumpuk-tumpuk dan jarak 10 meter aja udah semerbak wangi durian, coba deh tanya harganya. 

Kalau Anda tanya harganya dan pedagang  bilang Rp 10 ribu dapet 3 biji, nah selamaaat ... berarti kita sedang berada di puncak musim durian di Jambi.

Selain itu, jika harganya sudah segitu, di manapun Anda beli durian di Kota Jambi ga akan tertipu lagi, meski anda ga jago milih buah durian, karena bisa dikatakan semua buah durian pada masa itu sama rasanya.

Lain jika harga durian masih mahal, kalau kita ga jago milih, alhasil dapet yang ketipu. Ya, kalo ga mau ketipu bisa beli trus makan di deket pedagangnya alias dipinggir jalan gitu, karena kan kalau ga bagus buahnya kita bisa langsung complain dan langsung diganti dengan buah durian yang baru.

Jadi, kalau lagi musim buah durian ini, biasanya juga diiringin dengan tempoyak asli yang tersedia dimana-mana. Mungkin bagi teman-teman orang Sumatera khususnya wilayah jambi dan Palembang pasti tahu deh apa itu Tempoyak.

Tempoyak merupakan bahan makanan yang terbuat dari daging buah durian yang diasamkan. Kalau yang asli, wangi banget loh.. 

Biasanya, tempoyak dibikin seperti gulai dan sambal, ada yang mentah ada yang sambal ditumis dulu.

Nah, yang saya kali ini adalah sambal tempoyak, dikarenakan stok cabi merah di kulkas tinggal dikit, jadi pakai cabai rawit agak banyak, makanya warnanya agak pucat. 

Tapi soal rasa, hmmm... bisa nambah-nambah makan loh.

Selain sambal, biasanya saya olah tempoyak menjadi gulai. Di sini disebut gulai tempoyak. Biasanya pakai ikan sungai. Rasanya wuiiihhh,, ga terkalahkan pokoknya. Kapan-kapan saya share resepnya.

Yuk ah sekarang kita simak resep sambal tempoyak dari saya ini..

Sambal Tempoyak

Bahan-bahan

  • 200 gr tempoyak (terbuat dari daging buah durian yang diasamkan, diberi garam kasar ditempatkan dalam wadah tertutup selama beberapa hari hingga asam)
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 10 buah cabe rawit
  • 1 ruas kecil kunyit
  • 3 papan pete yang udah dikupas
  • 1/2 ons teri medan
  • 100 ml air
  • gula dan garam secukupnya
Sambal tempoyak.
Sambal tempoyak. (Tribun Jambi/Aline)

Cara Membuat :

  • Cabai rawit dan cabe merah, kunyit haluskan, pake ulekan biasa lebih enak rasanya sensasi pecahan cabe nya lebih kerasa. 
  • Siapkan wajan kecil, panaskan 1 sendok teh minyak goreng, pokoknya dikit aja minyaknya, tumis bumbu halus, sudah wangi masukan tempoyak sambil kasih air sedikit-sedikit.
  • Kemudian masukan pete dan ikan teri, masak hingga pete lembut dan sambal agak mengering. kemudian masukan gula dan garam, perbandingannya gula lebih banyak dari garam, karena tempoyak sudah asih.
  • Cicip dan siap disajikan teman makan sama nasi panas.

Selamat mencoba ya teman-teman. (sekitaraline.blogspot)

Baca: Tahu Telur Bumbu Petis, Nikmatnya Selangit

Baca: Tips dan Cara Membuat Sayuran Beku di Rumah

Baca: Baung Sungai Dimasak Pindang Pedas, Bikin Segar di Lidah

Penulis: aline
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved