Masyarakat Diajak Pertahankan Semangat Gotong Royong

Masyarakat diajak untuk tidak meninggalkan jati diri, nilai dan kepribadian bangsa berupa semangat gotong royong

Masyarakat Diajak Pertahankan Semangat Gotong Royong
Humas tanjabbar
Mulyadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Tanjab Barat 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com, Darwin Sijabat

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Masyarakat diajak untuk tidak meninggalkan jati diri, nilai dan kepribadian bangsa berupa semangat gotong royong dan keswadayaan di tengah-tengah kehidupannya.

Harapan itu disampaikan Dr Ir Safrial MS pada Puncak peringatan Hari Kesatuan PKK (HKG) Ke 46 dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke 15 Tingkat Kabupaten Tanjung Jabung Barat Tahun 2018.

Bupati Tanjab Barat, Dr Ir H Safrial MS lakukan penanaman pohon.
Bupati Tanjab Barat, Dr Ir H Safrial MS lakukan penanaman pohon. (tribunjambi/darwin sijabat)

Peringatan yang dilaksanakan di Taman Berarwana, Desa Pematang Lumut, Kecamatan Betara dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Tanjab Barat, Ketua GOW, Unsur Forkopimda, Ketua Dprd, Sekda, Dandim 0419/Tanjab, Kepala Ppd, Wakapolres Tanjab Barat, dan masyarakat.

Dalam Sambutannya, Mulyadi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, sekaligus Ketua Panitia mengatakan tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat untuk memperbaiki kualitas hidup secara berkelanjutan

"Serta memupuk kemandirian keluarga sehingga menjadi keluarga tangguh dalam menghadapi permasalahan dan tantangan yang dapat membangkitkan kembali semangat gotong royong dan swadaya masyarakat dalam pembangunan," tuturnya.

Pelaksanaan kegiatan ini mengangkat tema 'dengan semangat Hkg-Pkk dan Bbgrm, kita wujudkan kerukunan dalam keluarga dan lingkungan serta peran aktif masyarakat dalam membangun integritas sosial menuju Kabupaten Tanjung Jabung Barat maju, Adil, makmur, bermartabat dan berkualitas.

Pada kegiatan ini juga dilakukan pameran dan bazar berbagai produk seperti kopi, kegiatan sunatan massal, Donor darah, penyerahan sejumlah hadiah kepada pemenang perlombaan dan lainnya.

Sementara itu Bupati Tanjab Barat, Dr Ir H Safrial MS selain mengucapkan selamat hari pkk, dia juga mengajak untuk tidak meninggalkan jati diri bangsa yang bergotong royong.

"Saya berpesan dan mengajak kita semua yang hadir untuk tidak meninggalkan jati diri, nilai dan kepribadian bangsa berupa semangat gotong royong dan keswadayaan yang berbasis pada nilai nilai sosial budaya masyarakat,"

Sehingga menurutnya, melalui perayaan bulan bhakti gotong royong ini sebagai momentum untuk mengingamengingatkan arti pentingnya gotong. Terutama pada generasi penerus yang memikul sejarah kedepan.

"Semangat gotong royong memang harus ditanamkan sejak dini dalam proses pendidikan anak-anak kita, generasi muda senantiasa bermusyawarah dalam memutuskan dan gotong royong dalam bekerja,"

Oleh karena itu, disampaikan Safrial, dengan semangat gotong royong ibarat berat sama dipukul, ringan sama dijinjing menjadi sangat besar manfaatnya.

Kemudian Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan, sebab sejatinya kebersihan adalah sebagian dari iman. (cda/adv)

Penulis: Darwin
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved