Info DPRD Kota Jambi

Dewan Setujui Dua RanPerda Eksekutif

Setelah Tujuh Fraksi DPRD kota Jambi menyampaikan pandangannya terkait dua Rancangan Peraturan Daerah (RanPerda)

Dewan Setujui Dua RanPerda Eksekutif
tribunjambi/rohmayana
Maulana dan M Nasir. (14/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Setelah Tujuh Fraksi DPRD kota Jambi menyampaikan pandangannya terkait dua Rancangan Peraturan Daerah (RanPerda) yang dibuat eksekutif, saat ini dua RanPerda tersebut mendapat tanggapan oleh eksekutif melalui paripurna, Rabu (14/11).

Dua RanPerda yang diajukan oleh eksekutif tersebut yakni RanPerda terkait Jambi Smart City dan RanPerda tentang perlindungan dan pemeberdayaan lanjut usia dan Penyandang disabilitas.

Baca: Sembilan Orang Warga Tanjabtim Tahun Ini Terdeteksi Idap HIV, Dua Meninggal Dunia

Disampaikan wakil Walikota Jambi Maulan bahwa pertanyaan yang disampaikan oleh Fraksi PDI-P, Fraksi Partai GERINDRA dan Fraksi PPP tentang smart City saat ini sudah dipersiapkan dengan matang. Misalnya mengenai persiapan, Menyusun Master Plan Jambi Smart City pada Tahun 2017, Membentuk Dewan Smart City pada Tahun 2018, Menyusun Regulasi terkait penyelenggaraan Smart City.

"Kita sudah siapkan rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan smart city, peraturan walikota, surat keputusan interupsi walikota dan MoU perjanjian kerjasama yang menjadi dasar penyelenggaraan smart City bagi OPD dan stakeholder kota Jambi," katanya.

Baca: Ini Aplikasi Rawan untuk Selingkuh, Awas Nomor 4 Bisa Menarik Perhatian Lawan Jenis

Bahkan untuk mebuat kota Jambi menjadi smart City pihaknya sudah mempersiapkan Infrastruktur TIK dan Infrastruktur perkotaan. Diantarnya dengan menyediakan jaringan fiber optik Jaringan sebanyak lima kecamatan dan akan dilanjutkan pada tahun 2019 sebanyak 6 kecamatan, dPembangunan Control Operation Center (COC), CCTV Perkotaan, ATCS, Wifi Gratis di Cyber Park dan Pedestrian Taman Jomblo. Selain itu, membuat Website OPD, Aplikasi Pelayanan Publik dan Administrasi Pemerintahan.

"Kita juga lakukan Peningkatan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan dan Bimtek di dalam maupun di luar negeri," ujarnya.

Sementara terkait ranperda tentang perlindungan dan pemeberdayaan lanjut usia dan Penyandang disabilitas. Eksekutif menanggapi pertanyaan dari Fraksi PPP mengenai strategi yang dilakukan dalam pemberdayaan golongan lanjut usia dan penyandang disabilitas di Kota Jambi.

Baca: Unggah Foto Rambut Acak-acakan, Iko Uwais: Jangan Disisir Neng, Abang Pulang Berantakan Juga

Rencananya pemkot akan membuat bank data by name by address tentang lanjut usia dan disabilitas di Kota Jambi. Menurutnya dengan data ini kita akan mempermudah untuk menentukan arah kebijakan dan program yang akan dilaksanakan guna pemberdayaan lansia dan disabilitas. Selain itu, pihaknya akan membuat dasar hukum terhadap perlindungan lansia dan disabilitas dalam bentuk Peraturan Daerah dan Peraturan Walikota.

"Sehingga pemberdayaan lansia dan disabilitas akan memperoleh dukungan anggaran dari APBD maupun APBN," katanya.

Setelah RanPerda disampaikan Maulana, semua anggota DPRD menyatakan setuju dengan RanPerda tersebut. Menurut ketua DPRD kota Jambi, M Nasir bahwa RanPerda nantinya akan menjadi pengendali bagi pembangunan daerah kota jambi.

Baca: Pasukan Argentina Tunggang Langgang Tinggalkan Pos, Begitu Mendegar Tentara Bayaran ini Mendarat

"Untuk smart City kita berharap menjadi kota yang diharapkan oleh masyarakat Jambi, dengan seluruh infrastruktur dan fasilitas yang ada, dan Proteksi akses fasilitas umum untuk mempermudah lansia penyandang disabilitas dalam meningkatkan kesejateraannya," katanya.(*)

Penulis: Rohmayana
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved