Perumnas Tawarkan Rumah Tipe 30 di Mendalo

Perum Perumnas menyediakan beberapa tipe rumah, salah satunya rumah tipe 30/96.

Perumnas Tawarkan Rumah Tipe 30 di Mendalo
tribunjambi/fitri amalia
Berlokasi di Desa Sungai Duren, Mendalo Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas) menyediakan beberapa tipe rumah, salah satunya rumah tipe 30/96. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Berlokasi di Desa Sungai Duren, Mendalo, Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas) menyediakan beberapa tipe rumah, salah satunya rumah tipe 30/96.

Dikatakan Zulkarnain Muis, Asisten Manajer Operasional, pihaknya telah selesai membangun rumah tipe 30. "Sudah selesai, tinggal beberapa unit lagi ada, sekitar 30 unit lagi yang akan dibangun," ujarnya.

Perum Perumnas membangun beberapa tipe rumah di atas lahan seluas 11 hektare lebih di kawasan Desa Sungai Duren, Mendalo. Harga yang ditawarkan Rp 123 juta dengan cicilan per bulan di bawah Rp 1 juta.

Dengan tanda jadi Rp 1 juta, selain talangan dana sebesar Rp 4 juta oleh pemerintah melalui kementerian PU PERA, Perumnas juga memberikan bantuan uang muka.

"Proses tersebut sudah kita tuangkan dalam harga jual, Perumnas memberikan bantuan dengan memasukkan semua harga ke dalam harga jual rumah, sehingga konsumen tidak diberatkan lagi dalam hal uang muka," katanya.

Pihaknya membuat program rumah tipe 30 agar dapat menjangkau masyarakat menengah ke bawah dan pegawai swasta.

Hal tersebut terbukti dengan tingginya antusiasme masyarakat. Sebagian rumah tipe 30 sudah terpesan, dan tidak menutup kemungkinan pihaknya membuka lagi produk serupa.

"Kami tidak akan membangun sebelum ada pemesanan, karena takutnya nanti jika dibangun duluan perlu perawatan lagi, bagi masyarakat yang tertarik langsung saja ke kantor pemasaran kita," ujarnya.

Fasilitas yang telah sediakan fasilitas umum seperti air PDAM, listrik 1300 watt, sertifikat hak milik, IMB yang sudah siap. Kualitas Konstruksi rumah juga sudah sesuai dengan standar yang telah di tentukan. Selain itu jalan masuk kawasan perumahan sudah cor beton. Pihaknya juga bekerjasama dan berkoordinasi dengan masyarakat sekitar dalam hal pembangunan maupun sosialisasinya.

"Tempat ibadah seperti masjid juga telah terbangun, sekitar 45 persen lagi penyelesaiannya," tuturnya.

Ia mengatakan, program ini sangat menyentuh untuk kalangan menengah ke bawah. "Dengan hadirnya program ini, masyarakat kecil dapat memiliki rumah, kedepan, Perum Perumnas juga akan membangun rumah tipe 36 dan tipe 45 di lokasi yang sama," ujarnya

Perum Perumnas juga berencana akan membangun kembali rumah dengan tipe yang sama.

"Kita harus melihat juga di mana lokasi lahan yang cocok, dengan syarat dekat dengan fasilitas umum seperti pasar dan sekolah, jarak jangkauan dari kota tidak terlalu jauh, lahan juga tidak dalam sengketa," pungkasnya. (*)

Penulis: fitri
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved