Baru 29,91 Persen Warga Jambi yang Mengerti tentang Jasa Keuangan dan 66 Persen Mempunyai Produk

Pada kegiatan Green Walk dan Fun Bike yang diadakan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FK-IJK) Provinsi Jambi dan Otoritas Jasa Keuangan

Baru 29,91 Persen Warga Jambi yang Mengerti tentang Jasa Keuangan dan 66 Persen Mempunyai Produk
TRIBUN JAMBI/FITRI AMALIA
Kepala OJK Jambi, Endang Nuryadin. 

Laporan wartawan Tribunjambi.com, Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pada kegiatan Green Walk dan Fun Bike yang diadakan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FK-IJK) Provinsi Jambi dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berlangsung Minggu (11/11) di depan Kantor Gubernur Jambi, OJK memperkenalkan secara singkat mengenai OJK dan IJK.

"Ada tiga kelompok besar industri jasa keuangan, yang pertama Perbankan, seperti bank konvensional dan bank syariah, kedua Industri Keuangan Non Bank seperti Pegadaiaan, asuransi, perusahaan pembiayaan dana pensiun dan lainnya, lalu terakhir Pasar modal, seperti Bursa Efek Indonesia," ujar Kepala OJK Jambi, Endang Nuryadin.

Baca: 286 Suku Anak Dalam Wajib E-KTP, Sebelum Pileg dan Pilpres Dinas Dukcapil Tebo Harus Rampungkan

Endang Nuryadin juga menyampaikan kepada masyarakat fungsi tugas utama OJK. "Ada tiga fungi tugas utama OJK, yaitu mengatur jasa keuangan, mengawasi jasa keuangan dan melindungi konsumen yang berhubungan dengan Industri jasa keuangan," tegasnya.

OJK dan industri jasa keuangan terus berupaya meningkatkan angka literasi dan inklusi keuangan Provinsi Jambi. Dalam kata sambutannya, Endang mengatakan berdasarkan survei OJK tahun 2016, angka literasi di Provinsi Jambi baru mencapai 29,91 persen dan angka inklusi keuangan sebesar 66,91 persen.

"Artinya kalo dari 100 orang yang ada di Provinsi Jambi ada 29 orang yang mengerti tentang jasa keuangan, mengerti bank dan non bank, jasa keuangan lainnya, dan angka inklusi keuangan sebesar 66,91 persen, artinya dari 100 orang kurang lebih 66 orang yang memiliki produk industri jasa keuangan, apakah mereka punya tabungan, saham dan lainnya," katanya.

Baca: Jaksa akan Bacakan Tuntutan Terdakwa Embung Sungai Abang Rabu Ini

Baca: Logistik yang Masuk Masih Kurang

Penulis: fitri
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved