Tebo Status 'Siaga Banjir' Hingga Desember 2018, Hasil Rapat Bersama Camat dan BPBD

“Jadi penetapan status siaga banjir ini untuk antisipasi tingginya curah hujan dan banjir kiriman dari Ulu. Itu yang harus kita siasati,“ kata dia.

Tebo Status 'Siaga Banjir' Hingga Desember 2018, Hasil Rapat Bersama Camat dan BPBD
Tribun Jambi/Heri Prihartono
Sejumlah desa di sepanjang aliran Sungai Batanghari di Kabupaten Tebo mulai terendam banjir sejak beberapa hari lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Heri Prihartono

TRIBUNJAMBI.COM, TRIBUN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tebo menetapkan status siaga banjir, mulai Jumat (9/11) hingga Desember 2018.

Kepala BPBD Kabupaten Tebo, Hari Sugiarto, mengatakan status siaga banjir diberlakukan dengan masuknya musim penghujan yang berdampak pada banjir di sebagian wilayah Tebo.

“Hasil rapat kita bersama dinas terkait dan para camat se-Kabupaten Tebo, mulai hari ini status Tebo siaga banjir, “ ujarnya, usai gelar rapat bersama tim Satuan Tugas (Satgas) Bencana di ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Tebo, Jumat (9/11)

Saat ini curah hujan di wilayah Kabupaten Tebo masih tinggi. Namun banjir yang merendam beberapa desa di beberapa kecamatan sudah mulai surut.

“Laporan dari kecamatan ada beberapa daerah yang terendam banjir airnya sudah menyurut. Katanya banjir yang melanda wilayah kita adalah kiriman dari wilayah hulu,”tuturnya.

“Jadi penetapan status siaga banjir ini untuk antisipasi tingginya curah hujan dan banjir kiriman dari Ulu. Itu yang harus kita siasati,“ kata dia.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) agar tetap waspada akan banjir susulan.

“Surat edaran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan hingga Desember 2018 curah hujan tinggi. Jadi saya minta masyarakat tetap waspada,” kata dia.

Data masuk ke BPBD sekira 500 rumah yang terendam. Ada juga beberapa hektarr sawah dan kebun masyarakat juga terendam. Sedangkan korban jiwa akibat banjir hingga saat ini belum ada.

Baca: 4 Artis Keturunan Pahlawan Nasional, Ada yang Punya Garis Keturunan Pangeran Diponegoro

Baca: Layanan Panas Mucikari Muda Terbongkar, RDP Paparkan Cara Pria Hidung Belang Pesan Cewek

Baca: Pukul 19.00 ini! Timnas Indonesia vs Singapura di Piala AFF 2018, Prediksi Pemain Asuhan Bima Sakti

Penulis: heri prihartono
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved