Penolakan Pernah Dialami SIJ, Hadapi dengan Pendidikan dan Kesabaran

Meski mengajarkan kebaikan, Sahabat Ilmu Jambi (SIJ) juga mengalami banyak penolakan di daerah yang akan mereka dampingi.

Penolakan Pernah Dialami SIJ, Hadapi dengan Pendidikan dan Kesabaran
tribunjambi/nurlailis
Sahabat Ilmu Jambi (SIJ) merupakan komunitas yang bergerak di bidang sosial pendidikan. Sejak terbentuk pada 5 Agustus 2011, komunitas ini banyak mendampingi anak-anak di beberapa kawasan yang ada di Kota Jambi. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Meski mengajarkan kebaikan, Sahabat Ilmu Jambi (SIJ) juga mengalami banyak penolakan di daerah yang akan mereka dampingi.

Pada awalnya bahkan SIJ dipandang aneh dan mendapat penolakan. Namun SIJ tetap melakukan program mereka sesuai prosedur seperti izin kepada aparat setempat, sosialisasi dan melakukan pendekatan.

“Cara menghadapinya yaitu dengan sabar, dengan menunjukan bahwa kami orang yang berpendidikan, menghadapi mereka juga dengan cara yang berpendidikan. Kami lebih berikan contoh kepada mereka. Seperti ketika di rumah melihat anaknya sudah tau caranya berwudhu, sholat. Hal yang mungkin sebelumnya tidak anaknya lakukan,” papar ketua SIJ, S. Anggi Lestari.

Untuk menarik minat anak-anak, mereka memberi games, hadiah meskipun nilainya tidak terlalu tinggi. Hadiah yang diberikanpun tidak cuma-cuma sehingga mereka perlahan mau mengikuti kegiatan dari SIJ.

Saat ini jumlah anak yang didampingi di daerah kampung pemulung ada 22 orang. Awalnya membuat kegiatan yang menarik seperti mendongeng dan kegiatan kreativitas agar mereka mau bergabung. Mengenai tempat, SIJ menggunakan tempat di salah satu rumah warga yang sudah tidak terpakai. (Nurlailis)

Penulis: Nurlailis
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved