Banjir yang Merendam Tiga Kecamatan di Sungai Penuh Berangsur Surut

Banjir yang mengenanggi rumah warga di Kecamatan Hamparan Rawang, Sungai Penuh dan Tanah Kampung berangsur surut.

Banjir yang Merendam Tiga Kecamatan di Sungai Penuh Berangsur Surut
TRIBUN JAMBI/JAKA HENDRA BAITRRI/ISTIMEWA
Dusun Rantau Ikil, Kecamatan Jujuhan menyelamatkan barang-barangnya dari lokasi banjir, pada Sabtu (3/11). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH – Banjir yang mengenangi Kota Sungai Penuh beberapa hari terakhir berangsur surut, hanya beberapa titik yang masih tergenang air. Banyak warga sibuk membersihkan rumah mereka pasca banjir.

Pantauan Tribunjambi.com, banjir yang beberapa hari mengenanggi rumah warga di beberapa desa di Kecamatan Hamparan Rawang, Sungai Penuh dan Tanah Kampung sudah mulai surut. Hanya ada beberapa rumah yang masih tergenang.

Tidak terlihat ada warga yang mengungsi, meski tenda telah  disiapkan BPBD. Warga memilih tetap berada di rumah, karena air banjir tidak terlalu besar.

“Airnya sudah surut, kini kami harus membersihkan rumah karena bekas tergenang air,” ujar warga.

Baca: Progres Buka Jalan Baru Dusun Sungai Ayam Tanjab Timur Mencapai 89,4 Persen

Warga mengaku, banjir yang terjadi sangat memberatkan mereka. Selain tidak bisa beraktivitas seperti biasa, banjir juga membuat sebagian peralatan rumah tangga rusak.

“Ya, kita meminta ada perhatian dari pemerintah. Ada bantuan diberikan itu hanya makan siap saji dan beberapa karung yang digunakan untuk menghambat aliran air,” ujarnya.

Wali Kota Sungai Penuh, Asafri Jaya Bakri (AJB) dikonfirmasi mengatakan, musibah banjir terjadi karena meluapnya air sungai akibat aktivitas hujan yang tinggi. Ini tidak bisa dihindari, walaupun Pemkot telah mengantisipasi terlebih dahulu, seperti melakukan normalisasi Sungai.

“Sekarang banjirnya telah surut. Kita belum menetapkan tanggap darurat, karena banjirnya tidak terlalu besar,” ujar Wako.

Baca: Husairi Berpesan supaya OPD Kerja Sesuai Aturan

Diungkapkannya, terkait musibah tersebut, pihaknya telah memberikan bantuan kepada para korban banjir. Yakni bantuan berupa makanan siap saji dan beberapa karung berisi pasir yang digunakan untuk menghambat aliran air ke rumah warga.

“Bantuan telah kita berikan kepada para korban banjir. Dan instansi terkait juga masih melakukan pemantauan,” pungkasnya.

Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved