Infrastruktur Kota Sungai Penuh Semakin Baik

Sejak 2010 hingga 2018 infratruktur di Kota Sungai Penuh terus mengalami peningkatan. Baik itu infratruktur jalan, perairan

Infrastruktur Kota Sungai Penuh Semakin Baik
TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA
Ilustrasi: Lapangan Merdeka Sungai Penuh. 

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - Sejak 2010 hingga 2018 infratruktur di Kota Sungai Penuh terus mengalami peningkatan. Baik itu infratruktur jalan, perairan muapun infrastruktur cipta karya.

Di bidang pembangunan infrastruktur sumber daya air, pada tahun 2017 bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Kota Sungai Penuh, telah melakukan berbagai kegiatan guna mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategis Bidang Sumber Daya Air. Hal ini guna terwujudnya Infrastruktur pengairan yang memadai. Antara lain Pembangunan Turap di wilayah aliran sungai rawan longsor.

“Pada tahun 2017 panjang pembangunan turap/talud/bronjong di wilayah aliran sungai rawan longsor lingkup kewenangan kota realisasi capaian pada tahun 2017 sebesar 63,1 persen atau sepanjang 28.614 M,” kata Kadis PUPR Kota Sungai Penuh, Martin.

Sementara rehabilitasi atau pemeliharaan jaringan irigasi dalam wilayah Kota Sungai Penuh, pada tahun 2017 luas irigasi Kota dalam kondisi baik sebesar 51,98 persen atau sekitar 2.260 Hektare dari total luas irigasi 4.348 Ha. Hal ini berdasarkan pembangunan dan rehabilitasi jaringan Irigasi yang telah dilaksanakan sampai tahun 2017.

Selain itu pada tahun 2017 ada beberapa sungai yang dinormalisasi sepanjang 31,68 km. Yakni normalisasi Sungai Bungkal normalisasi Sungai Batang Sangkir.

Sebagai daerah otonom yang baru, Kota Sungai Penuh juga banyak melakukan pembangunan infrastruktur untuk mendukung konektivitas dan meningkatkan daya saing wilayah. Salah satu prasarana untuk mendukung konektivitas dan meningkatkan daya saing wilayah adalah jalan.

Pembangunan di bidang infrastruktur jalan meliputi pembangunan jalan baru, rehabilitasi, peningkatan serta pemeliharaan baik secara rutin maupun berkala. Seperti rehabilitasi Jalan Siak Lengih–Asrama TNI, rehabilitasi jalan pancasila–jembatan Tanah Kampung, rehailitasi jalan Depati Parbo dan rehabilitasi jalan Tanah Kampung.

Penanganan Jalan ini dilaksanakan secara efektif dan fungsional untuk meningkatkan kondisi jalan tersebut. Sumber dana dari penanganan jalan ini diperoleh dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Kota Sungai Penuh dan Dana Alokasi Khusus (DAK). 

Disamping pembangunan dan rehabilitasi, dilakukan juga penanganan rutin dan berkala untuk mengembalikan kondisi ruas jalan di Kota Sungai Penuh. Pada tahun 2010 kondisi baik jalan Kota Sungai Penuh sebesar 35 persen dengan panjang jalan 168,456 Km. Di tahun 2018 dengan kondisi baik mengalami peningkatan yaitu sebesar 63.85 persen dengan total panjang jalan 192,74 km.

Di Bidang ke Cipta Karyaan Pemerintah Kota Sungai Penuh melaksanakan Pembangunan Museum Kota Sungai Penuh yang dimulai pada tahun 2015 dan selesai pada tahun 2017. Bangunan Museum ini terletak di Desa Maliki Air Kecamatan Hamparan Rawang.

Pemerintah Kota Sungai Penuh tidak saja melaksanakan pembangunan fisik, sektor sanitasi mendapat perhatian yang cukup besar dari Bapak Walikota Sungai Penuh. Hal ini diwujudkan dengan membangun Sistem Pengolahan Air Limbah DomestiK Terpusat (SPALD-T) Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) Kota Sungai Penuh.

“IPAL  adalah  bangunan  yang  berfungsi  mengolah air  limbah  yang  dialirkan melalui sistem perpipaan,” ujar Kadis.  

Untuk melaksanakan amanat Undang-Undang No 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang yaitu untuk mewujudkan ruang wilayah yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan. Pemerintah Kota Sungai Penuh sedang menyusun Rencana Detail Tata Ruang beserta Peraturan Zonasinya.

“Saat ini dalam progresnya dalam tahap memperoleh rekomendasi dari gubernur Jambi untuk selanjutnya dibahas dan diajukan persubnya dari Kementerian ATR/BPN dan siap untuk diajukan ke DPRD untuk di Perda-kan,” pungkasnya.

Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved