Eksklusif Tribun Jambi

Siap-siap! Minyak Goreng Curah Akan Hilang di Pasaran

Apapun alasanya, distributor minyak goreng curah mulai tahun depan harus beralih. Hanya minyak goreng kemasan yang bisa dijual di pasar

Siap-siap! Minyak Goreng Curah Akan Hilang di Pasaran
Pedagang mengemas minyak goreng curah 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Mulai tahun depan tidak dibolehkan lagi transaksi jual beli minyak curah di pasaran.

Kebijakan minyak goreng wajib kemasan sudah diatur di Peraturan Menteri Perdatangan, yang terbit pada tahun 2016, tentang minyak goreng wajib kemasan.

Aturan ini mewajibkan penjualan minyak goreng harus menggunakan kemasan. Adapun minyak goreng yang bisa dijual juga sudah harus bersertifikat sesuai standar nasional Indonesia (SNI).

Kepala Disperindag Provinsi Jambi, Ariansyah, menegaskan pihaknya akan menjalankan aturan dari pemerintah pusat tersebut.

“Apapun alasanya, distributor minyak goreng curah mulai tahun depan harus beralih. Hanya minyak goreng kemasan yang bisa dijual di pasar," kata Ariansyah.

Pantauan Tribun di Pasar Angso Duo, Kota Jambi, penjual minyak goreng curah mengaku hingga kini permintaan minyak goreng curah masih lebih tinggi dibandingkan minyak goreng kemasan. Harganya memang jauh lebih murah.

"Sekilo minyak goreng curah Rp 10 ribu. Kalau minyak goreng yang lain rata rata Rp 14 ribu sampai Rp 16 ribu," kata Yusri, pedagang di Pasar Angso Duo, pekan lalu.

Ia mengaku, penjualan minyak goreng curah masih banyak diminati sampai sekarang.

Pasalnya harganya tidak pernah mengalami kenaikan sejak dulu.

"Jarang sekali harganya naik. Kalau yang bermerek (kemasan) biso naik seribu," ujarnya.

Dia mengaku dalam sehari bisa menjual puluhan kilogram minyak goreng curah.

Terkait adanya pelarangan penjualan minyak goreng curah mulai tahun depan, Yusri mengatakan itu sangat disayangkannya jika direalisasikan.

Menurutnya bisa jadi hal itu membuat penurunan pada pendapatanya. “Soalnya peminat sampai sekarang masih banyak," tuturnya.

Simak selengkapnya di Harian Tribun Jambi, edisi Senin 5 November 2018

Penulis: tribunjambi
Editor: suang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved