Daftar Modus Kejahatan Seksual yang Menimpa Anak di Batanghari, Ini yang Perlu Diwaspadai

Kasus tersebut, tidak sedikit yang dilakukan orang-orang yang seharusnya menjadi pelindung bagi anak di bawah umur ...

Daftar Modus Kejahatan Seksual yang Menimpa Anak di Batanghari, Ini yang Perlu Diwaspadai
Tribun Jambi/Abdullah Usman
Dua tersangka kasus pelecehan dan pencabulan di bawah umur yang merupakan anak kandungnya. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Angka kekerasan, pencabulan dan pelecehan anak di bawah umur di Kabupaten Batanghari pada 2018 terbilang tinggi. Ada beragam faktor yang mempengaruhi.

Kasus tersebut, tidak sedikit yang dilakukan orang-orang yang seharusnya menjadi pelindung bagi anak di bawah umur (korban).

Sulastri (32), ibu rumah tangga, mengungkapkan memiliki dua orang anak yang masing masing memiliki usia remaja. Untuk mengasuh anak di usia mencari jati diri, perlu ekstra sabar.

"Kadang kalau kita tidak turuti keinginan anak takut mereka minder dan mengganggu perkembangan kepribadian sianak, jika terlalu dituruti kita orang tua juga tidak bisa 24 jam mengawasi mereka. Secara tidak langsung ada momok tersendiri yang menjadi kekhawatiran para orang tua," ujarnya, Sabtu (3/11).

Dia tidak memungkiri peran medsos dan pergaulan saat ini sangat memprihatinkan bagi jiwa dan kepribadian anak. Meski peran orang tua sudah ekstra kemajuan teknologi juga tidak bisa dianggap hal yang spele meski banyak juga nilai positif dari kemajuan teknogi.

Solusi yang dapat dilakukan saat ini, meskipun sibuk dan padatnya jadwal sekolah tetap harus didampingi dengan kegiatan keagamaan, diantaranya mengaji dan tentunya perhatian lebih. Serta pemahaman pemahan bagi sianak.

Baca: Kabar Duka, Seorang Penyelam yang Mencari Puing Lion Air PK-LQP Meninggal Dunia

Baca: Isi Pidato Tampang Boyolali yang Bikin Prabowo Subianto Dilaporkan ke Polisi

Baca: Harga Tiket Lion Air Rp 100 Ribu, Jual Tiket Pesawat Promo Terjadwal

Data yang diperoleh tribunjambi.com, dari masing masing instansi yang menangani perkara tersebut menyimpulkan, pelecehan dan pencabulan yang terjadi di Batanghari pelakunya didominasi orang terdekat dari korban. Itu dari tetangga, orang tua hingga suadara kandung.

Modusnya dengan beragam trik dan alasan. Mulai dari video porno, pergaulan hingga dampak perceraian.

Akibat tindakan asusila itu, ada yang mengakibatkan nyawa menghilang karena ketidaksiapan hadirnya bayi yang tidak dinginkan.

Halaman
123
Penulis: Abdullah Usman
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved