Jejak Perkembangan Maskapai Lion Air, Baru 18 Tahun sudah Punya Ratusan Pesawat

Sejarah perkembangan Lion Air menarik ditelusuri, karena baru berumur sekira 18 tahun, namun memiliki ratusan pesawat.

Jejak Perkembangan Maskapai Lion Air, Baru 18 Tahun sudah Punya Ratusan Pesawat
Pramugari Lion Air. (IST) 

TRIBUNJAMBI.COM - Lion Air merupakan maskapai yang memiliki armada terbanyak di Indonesia. Ini merupakan maskapai penerbangan berbiaya murah yang memiliki kantor pusat di Jakarta.

Kabar terakhir, maskapai ini kehilangan pesawat dengan nomor registrasi PK-LQP sedang menjalani penerbangan JT610. Pesawat itu jatuh di perairan Teluk Karawang, saat penerbangan Jakarta-Pangkalpinang.

Sejarah perkembangan maskapai ini menarik ditelusuri, karena baru berumur sekira 18 tahun, namun memiliki ratusan pesawat.

Nama perusahaan yang mengoperasikan yaitu PT Lion Mentari Airlines. Perusahaan ini didirikan pada 19 Oktober 1999, dan beroperasi pada tanggal 30 Juni 2000.

Awalnya maskapai Lion Air beroperasi menggunakan Boeing 737-200 yang disewa untuk membuka rute ke Pontianak. Maskapai penerbangan ini dikomando oleh Rusdi Kirana dan keluarganya.

Baca: CPNS Kabupaten Merangin - Jadwal dan Lokasi Ujian, Catat Tanggal dan Sesi Pelaksanaan SKD

Baca: Titik Koordinat Bangkai Lion Air JT610 Ditemukan, Panglima TNI akan Pastikan Dulu

Baca: Titik Koordinat Bangkai Lion Air JT610 Ditemukan, Panglima TNI akan Pastikan Dulu

Pada November 2009, maskapai Lion Air mendatangkan armada terbesarnya Boeing 747-400 yang merupakan purna pakai dari maskapai Oasis Hong Kong Airlines yang bangkrut pada 2008.

Pada tahun berikutnya, Lion Air menambah jumlah penerbangan ke Jeddah sebanyak lima kali seminggu yang dilayani oleh 2 armada Boeing 747-400 dengan total kursi sebanyak 992 kursi dalam sekali terbang.

Pada 19 Juli 2011, Lion Air melakukan pemberhentian sementara untuk ke 13 armada Boeing 737-900ER, akibat gagalnya maskapai memenuhi OTP (on time performance) yang ditetapkan oleh Dirjen Perhubungan Udara sampai Lion Air dapat memenuhi sekurang-kurangnya 80 persen dari OTP.

Pramugari Lion Air
Pramugari Lion Air ()

Pada 18 November 2011, maskapai penerbangan bersama dengan Boeing mengumumkan pemesanan 201 pesawat Boeing 737 MAX dan 29 pesawat Boeing 737-900ER dan ini tercatat sebagai pemesanan tunggal terbanyak oleh satu maskapai penerbangan komersial sebanyak 230 dengan nilai 21,7 miliar dolar AS.

Pada Januari 2012, Lion Air mendapat sanksi dariKementerian Perhubungan setelah ditemukan beberapa pilot dan awak pesawat memiliki dan menggunakan bahan narkotika. Hal ini dipicu ketika ditemukannya awak maskapai (pilot dan kru darat) tertangkap basah menggunakan sabu-sabu dan metafetamin secara terpisah.

Halaman
12
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved