Vaksinasi Hewan Penular Rabies Akan Digelar Massal di Batanghari

Pemerintah Batanghari melalui dinas perkebunan dan peternakan (Disbunak), dalam waktu dekat akan melakukan pemberian vaksinasi

Vaksinasi Hewan Penular Rabies Akan Digelar Massal di Batanghari
tribunjambi/abdullah usman
Kabid Keswan Disbunnak Batanghari Yannofa 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIAN - Pemerintah Batanghari melalui dinas perkebunan dan peternakan (Disbunnak), dalam waktu dekat akan melakukan pemberian vaksinasi hewan penular rabies (HPR). Selasa (30/10)

Pemberian Vaksin yang dilakukan untuk hewan penular rabies tersebut, diwacanakan akan dilakukan secara masal. Yang tersebar diseluruh kecamatan dikabupaten Batanghari.

Dikatakan Kabid Keswan Disbunnak Batanghari Yannofa, saat dikonfirmasi, mengatakan dalam pemberian vaksinnasi tersebut akan disegerakan secara massal nantinya.

Terhadap hewan penular rabies, yang masih banyak ditemukan di Kabupaten Batanghari, khususnya anjing.

Menurutnya, hal ini dilakukan tidak lain untuk menghindari penyebaran rabies yang ada di Batanghari. Akibat serangan hewan liar atau hewan yang dilepasliarkan, satu diantaranya anjing yang kerap ditemui dan terjadi kasus.

“ Disbunnak melalui bidang kesehatan hewan dan ternak berencana akan melakukan vaksinasi massal terhadap hewan penular rabies atau HPR berupa anjing," katanya.

Dikatakannya, vaksinasi HPR tersebut direncanakan akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Hal ini penting mencegah terjadinya peredaran penyakit rabies di Batanghari.

" Vaksinasi massal terhadap hewan penular rabies ini dilaksanakan nantinya dalam rangka menyambut HUT Batanghari, dengan tujuan agar Batanghari bebas rabies," jelasnya.

Menurutnya, vaksinasi massal ini nantinya akan bekerja sama dengan beberapa comunitaspencinta hewan diantaranya comunitas CAT Lover Batanghari dan persatuan buru babi serta masyarakat.

" Untuk lokasi vaksinasi massal menurut rencana ada dua lokasi yang akan dijadikan lokasinya, yakni di Disbunnak dan Lapangan Garuda Muara Bulian," Sebutnya

Untuk itu pihaknya mengimbau kalangan masyarakat daerah itu yang memiliki hewan berupa anjing, agar kiranya mendatangi petugas kesehatan hewan yang akan melakukan vaksinasi massal nantinya secara gratis.

Sementara itu Wakil Ketua Cat Lover Batanghari Zamani mengatakan sejauh ini pihak Disbunak belum ada koordinasi terkait hal tersebut.

" Sejauh ini belum ada koordinasi, namun jikalau ada kita bersedia membantu, kita sama-sama bekerja, kita juga membutuhkan vaksinasi tersebut. Karena kucing juga salah satu kategori hewan penular rabies. Apalagi khususnya kucing yang memang tidak pernah dijaga kesehatannya," singkat Zamani. (usn).

Penulis: Abdullah Usman
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved