Info Kota Jambi Terkini

Wali Kota Jambi Syarif Fasha Resmi Buka MTQ ke-49 Tingkat Kota Jambi

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-49 Tahun 2018 Tingkat Kota Jambi, menandai akhir dari seluruh rangkaian

Wali Kota Jambi Syarif Fasha Resmi Buka MTQ ke-49 Tingkat Kota Jambi
Wali Kota Jambi Syarif Fasha buka MTQ ke-49 di Danau Teluk 

MTQ ke 49 Danau Teluk

Wali Kota Jambi Resmi Buka MTQ ke-49 Tingkat Kota Jambi

Fasha : "MTQ jadikan momentum untuk kembali kepada nilai-nilai suci Al-Quran dalam kehidupan"

TRIBUNJAMBI.COM - Rangkaian kegiatan Semarak Muharram 1440 H Pemerintah Kota Jambi mencapai puncaknya.

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-49 Tahun 2018 Tingkat Kota Jambi, menandai akhir dari seluruh rangkaian semarak peringatan tahun baru umat muslim di Kota Jambi.

Bertempat di Lapangan Kantor Lurah Olak Kemang, di tepian Danau Teluk, Sabtu malam (27/10), Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME, membuka secara resmi perhelatan akbar MTQ Tingkat Kota Jambi di tahun 2018. Pemukulan bedug menandai dimulainya ajang unjuk kebolehan para pejuang Al-Quran dari seluruh penjuru Kota Jambi.

Turut hadir pada acara pembukaan MTQ di Danau Teluk, jajaran Forkompimda Kota Jambi, Ketua DPRD Kota Jambi, H.M. Nasir, Dandim 0415/BTH Letkol. Inf. Denny Noviandi, Wakapolresta Jambi AKBP Bambang Irawan, Kakan Kemenag Kota Jambi Drs. H. Rusli Adam, Kepala Pengadilan Agama Jambi Drs. Mujahidin, Sekda Kota Jambi Ir. H. Budidaya, M.For.Sc, Wakil Wali Kota Jambi terpilih DR.dr.H. Maulana, MKM, jajaran Kepala OPD Pemkot Jambi, Camat, Lurah, Tokoh Agama dan masyarakat Jambi Kota Seberang.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha buka MTQ Kota Jambi ke-49 di Danau Teluk
Wali Kota Jambi Syarif Fasha buka MTQ Kota Jambi ke-49 di Danau Teluk (IST)

Ribuan warga Kota Jambi tampak antusias memadati arena utama MTQ. Upacara pembukaan juga ditandai dengan pengibaran bendera MTQ oleh Paskibraka, selain itu penampilan tarian kolosal pelajar se-Kecamatan Danau Teluk-Pelayangan, menambah meriahnya pembukaan event tahunan syiar Al-Quran di Kota Jambi itu.

Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha dalam sambutannya, menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Kecamatan Danau Teluk dan segenap warga Jambi Kota Seberang yang sangat luar biasa mendukung perhelatan tersebut.

"Jambi Kota Seberang adalah serambi Mekahnya Provinsi Jambi. Disini lahir berbagai ulama, guru besar, dan berbagai madrasah pesantren tertua di Jambi. Itu menandakan bahwa nuansa religi sangat kental dan terasa begitu kuat disini. Tidak salah kiranya acara pembukaan malam ini begitu terasa khidmat dan auranya begitu sakral. Kami ucapkan terima kasih kepada Camat beserta jajaran dan segenap warga kecamatan Jambi Kota Seberang yang sangat luar biasa dengan ikhlasnya mendukung perhelatan akbar ini. Semoga Allah SWT memberikan ganjaran amal ibadah berlipat bagi kita semua," sebut Fasha.

Wali Kota Fasha turut pula menjelaskan hakikat utama diselenggarakannya MTQ diberbagai jenjang di Kota Jambi.

"Pemkot Jambi sangat mendukung berbagai upaya dan semangat seluruh lapisan untuk mensyiarkan Al-Quran sebagai wadah untuk syiar agama dan ukhuwah islamiyah. Selama ini MTQ dilaksanakan dari mulai tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat Kota Jambi, kami full support dari segi pendanaan dan lainnya. Hal itu kami rasa sangat penting, selain ajang untuk memilih qori dan qoriah hafizh dan hafizhah terbaik, juga sebagai ajang untuk silaturahmi dan momentum untuk kembali kepada nilai-nilai suci Al-Quran dalam kehidupan kita sehari-hari. Mari amalkan nilai Al-Quran untuk kehidupan yang lebih baik," Ujar Fasha.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha buka MTQ ke-49 Kota Jambi di Danau Teluk
Wali Kota Jambi Syarif Fasha buka MTQ ke-49 Kota Jambi di Danau Teluk (IST)

Sebelumnya, senada dengan pernyataan Wali Kota Jambi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jambi Drs. H. Rusli Adam dalam sambutannya, menyampaikan bahwa perhelatan MTQ memiliki makna lebih luas dari sekedar ajang perlombaan.

"MTQ yang diadakan, diharapkan berdampak terhadap pembentukan karakter dan akhlaqul karimah ditengah masvarakat. Keberhasilan MTQ bukan hanya dari jumlah penyelenggaraan MTQ atau jumlah qori/qoriah dan para hafizh Qur’an berprestasi yang dihasilkan. Akan tetap harus dilihat dalam jangkauan pandangan yang lebih luas dan mendasar, terutama dari sisi pembentukan mental, karakter dan akhlak masyarakat," sebutnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Camat Danau Teluk Sunariyo dalam laporannya menjelaskan, bahwa MTQ Ke 49 Tingkat Kota Jambi yang akan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 27 hingga 31 Oktober 2018 tersebut diikuti 574 kafilah dari 11 Kecamatan dalam Kota Jambi. MTQ akan memperlombakan 9 cabang, berlangsung di arena utama MTQ juga mengambil tempat di kantor Camat, masjid, dan sekolah-sekolah dalam wilayah kecamatan Danau Teluk.

Sebagaimana diketahui pada pagi harinya, perhelatan MTQ ke-49 tingkat Kota Jambi Tahun 2018, diawali dengan Pawai Ta'aruf dan pembukaan Stand Bazaar MTQ oleh Ketua TP PKK Kota Jambi Hj. Yuliana Fasha, SE, M.Si.Ak.Ca. Stand Bazar tersebut akan menampilkan berbagai potensi UKM dari seluruh kecamatan se-Kota Jambi.

Editor: bandot
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved