Temuan di Tanjab Barat, Satu di Antara Data Ganda yang Ditemukan Langsung Dihapus

"Daftar pemilih tetap hasil perubahan sebanyak 205.209, dengan rincian laki-laki 106.062 dan perempuan 39.147," ujarnya, Kamis (25/10).

Temuan di Tanjab Barat, Satu di Antara Data Ganda yang Ditemukan Langsung Dihapus
Tribun Jambi
Ilustrasi penetapan DPTHP. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Darwin Sijabat

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Ratusan ribu pemilih di Kabupaten Tanjab Barat masih dalam tahap verifikasi tingkat desa dan kelurahan.

Komisioner KPUD Tanjab Barat, Ahmad Hadziq, mengatakan untuk hasilnya belum didapatkan. Sebab saat ini sedang proses dan akan diplenokan pada 4 November mendatang di tingkat desa dan pada 12 November di tingkat kabupaten.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum Daerah Tanjab Barat menemukan 4.082 pemilih ganda dalam daftar pemilih tetap (DPT). Sehingga jumlah yang masuk Daftar Pemilih Tetap Hasil Perubahan (DPTHP) sebanyak 205.209.

"Daftar pemilih tetap hasil perubahan sebanyak 205.209, dengan rincian laki-laki 106.062 dan perempuan 39.147," ujarnya, Kamis (25/10).

Hadziq mengatakan KPU terus melakukan penyisiran agar tidak lagi ditemukan pemilih ganda. Dia menyebut ada beberapa macam pemilih ganda, seperti K1 yang merupakan nomor induk kependudukan (NIK) dengan nama, tempat dan tanggal lahir ganda identik.

Berkaitan dengan hal tersebut, cara yang dilakukan dengan menghapuskan satu diantara data tersebut yang ganda.

"Dilakukan verifikasi kemudian misalnya ada ganda nama, NIK, KK, salah satunya dihapus," katanya.

Sedangkan mereka yang belum masuk dalam DPT, maka akan segera dimasukkan dalam daftar. Dan itu sedang berjalan. Hal biasanya karena pindah ataupun baru memiliki ktp.

Dia menambahkan, selain temuan data pemilih ganda, juga banyak ditemukan pemilih yang masih dibawah umur dan lain sebagainya.

"Kita juga menemukan 68 orang yang dibawah umur, pada saat april 2019 belum berusia 17 tahun, nah itu juga langsung kita hapus," ujarnya.

Baca: Live Streaming Indosiar Persebaya Vs Madura United Mulai Pukul 18.30 WIB

Baca: Sedang Bertanding, Link Live Streaming French Open 2018, The Minions Lawan Wakil Jepang

Baca: Diseret Cewek-cewek ke Polisi, Akhirnya Dapat Tuntutan 10 Bulan, Jual Kucing Curian di FB

Penulis: Darwin
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved