Wisata Jambi

Ada "Surga" Tersembunyi di Kerinci

Air Terjun Talang Kemulun seakan jadi surga tersembunyi di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Ada
kerincitime.co.id
25022016 talang kemulun 

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI -  Meski berjarak hanya beberapa kilometer dari pusat Kota Sungaipenuh, ternyata tidak banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Air Terjun Talang Kemulun seakan jadi surga tersembunyi di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat

Tepatnya Air Terjun Talang Kemulun berada di Desa Talang Kemulun, Kecamatan Danau Kerinci. Sekitar 15 menit naik mobil dari Kota Sungaipenuh. Jika Anda datang dari Kota Padang, Sumatera Barat, hanya butuh waktu enam jam untuk menjangkaunya.

Keindahan Air Terjun Talang Kemulun tersimpan di tengah rimbunnya hutan lindung TNKS yang asri. Eja warga Kerinci, menyebut Air Terjun Kemulun sebagai surganya TNKS.

Baca: Air Panas Semurup, Keajaiban Alam Jambi yang Menyimpan Misteri

Untuk sampai ke air terjun ini, Anda harus berjalan kaki satu jam dari Desa Kemulun, melewati perkebunan kopi, sayur, kulit manis dan hutan TNKS.

Sepanjang perjalanan, Anda akan dihibur dengan banyak suara kicauan burung, siamang, dan banyak satwa lain, yang saling bersahutan.

Jalan menanjak, dan hadangan pohon besar yang tumbang, membuat perjalanan Anda menuju “surga” semakin menantang. Tantangan lain datang ketika Anda juga harus melewati sungai dan jalan berbatu yang licin.

Satu jam berjalan, Anda akan menemukan apa yang dikatakan sebagai surga TNKS, Air Terjun Talang Kemulun. Sebuah maha karya tiada tara, air terjun berundak 12, dengan airnya yang bening, dingin, menyejukkan.

Air Terjun Talan Kemulun di Desa Talang Kemulun, Kecamatan Danau Kerinci.
Air Terjun Talan Kemulun di Desa Talang Kemulun, Kecamatan Danau Kerinci. (ist)

Anda akan dibuat terbuai pada keindahan maha karya Sang Pencipta nan indah ini. Dari bawah, terlihat air dengan bebasnya terjun dari ketinggian melewati bebatuan bertingkat, suaranya yang riuh, serta hawa dingin yang seakan mengantarkan Anda pada ketenangan dan melupakan semua rasa lelah.

“Pemandangannya bagus, keren,” kata Eja.

Jarak air terjun di tingkat emat, lebih tinggi dibanding tingkat dua dan tiga. Di setiap tingkat Anda akan merasakan sensai yang berbeda, begitu juga tanaman yang tak sama akan Anda lihat.

Halaman
12
Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved