Penerimaan CPNS

905 Pendaftar CPNS Bungo Tidak Memenuhi Syarat

Ada 905 bahan pelamar yang tidak memenuhi syarat CPNS di Pemkab Bungo. Sedangkan yang memenuhi syarat ada 2.775.

905 Pendaftar CPNS Bungo Tidak Memenuhi Syarat
Tribun Jambi/Darwin Sijabat
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Ada 905 bahan pelamar yang tidak memenuhi syarat CPNS di Pemkab Bungo. Sedangkan yang memenuhi syarat ada 2.775.

Kepala BKD Kabupaten Bungo, Wahyu Sarjono mengatakan pendaftar yang tidak memenuhi syarat memiliki beberapa kesalahan. Kesalahan seperti ketidaksesuaian antara jurusan yang dilamar dengan ijazahnya, kemudian mungkin upload dokumen melalui pdf-nya terlalu kecil, sehingga tidak bisa kita baca. Lalu, ada juga mungkin kesalahan antara yang dilamar dengan surat lamarannya.

Baca: Data DPT Ganda yang Difaktualisasi Memang Ditemukan di Lapangan

"Misalnya yang dilamar Bahasa Inggris disurat tertulis Bahasa Indonesa. Itu sudah tidak sesuai dan kita anggap tidak memenuhi syarat," katanya.

Lanjutnya, untuk peminat atau calon pelamar CPNS di Kabupaten Bungo, sebenarnya jika dikatakan sepi peminat mungkin bukan sepi peminat. Tetapi karena kalau menurut analisa pihaknya, ini karena konsentrasinya tersebar.

"Jadi semua daerah di Indonesia ini kan menerima formasi kan, jadi mungkin kebanyakan mereka sudah melamar di daerahnya masing-masing sehingga tidak terkonsentrasi di suatu tempat. Sehingga mungkin jumlah pelamar, yang kita inventarisir tidak sebanyak sebelum sebelumnya. Karena sebelumnya kan tidak semua daerah buka tetapi ini ada 525 yang buka di daerah kabupaten/kota di Provinsi jadi terpecah konsentrasinya," paparnya.

Baca: Enam Kali Pemprov Jambi Sabet Opini WTP

Baca: Pembentukan Perangkat Daerah Harus Sesuai Kebutuhan

Sementara itu, kalau untuk formasi yang kosong kemarin, pihaknya sudah berupaya ke Kemenpan melalui surat bupati. Formasi ini adalah dokter spesialis. Formasi dokter spesialis hanya ada satu pelamar. Pihaknya juga meminta dispensasi usia untuk formasi ini. Namun karena CPNS ini secara nasional jadi Kemenpan tidak bisa mengambil keputusan parsial.

Sebelumnya 15 Oktober lalu, pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sudah registrasi online ada sebanyak 3.680 pendaftar. Pendaftar CPNS yang ada di Kabupaten Bungo inipun diluar dari ekspetasi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bungo. Pasalnya prediksi BKD Kabupaten Bungo, jumlah pendaftar CPNS bisa mencapai 10 ribu pendaftar.

Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved