Fakultas Pertanian UNJA Gelar Seminar Nasional, Membangun Pertanian Berkelanjutan

Fakultas pertanian Unja sukses selenggarakan seminar nasional Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Berbasis Sumberdaya Lokal

Fakultas Pertanian UNJA Gelar Seminar Nasional, Membangun Pertanian Berkelanjutan
IST
Fakultas pertanian Universitas Jambi sukses selenggarakan seminar nasional yang bertajuk Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Berbasis Sumberdaya Lokal, dengan menghadirkan pakar pertanian dari IPB, Universitas Andalas dan Universitas Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM - Fakultas pertanian Universitas Jambi sukses selenggarakan seminar nasional yang bertajuk Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Berbasis Sumberdaya Lokal, dengan menghadirkan pakar pertanian dari IPB, Universitas Andalas dan Universitas Jambi.

Seminar dibuka oleh Rektor UNJA Prof.H.Johni Najwan,S.H.,M.H.,Ph.D., didampingi Dekan Fakultas pertanian Dr.Ir.Ahmad Riduan,M.Si dan Ketua Panitia Prof.Dr.Ir.Suandi,M.Si. Kamis (18/10/2018).

“Seminar ini diharapkan dapat mengangkat potensi pertanian lokal agar optimal dan diharapkan adanya perlindungan hukum dengan mempatenkan hasil karya agar tidak diklaim orang lain”,pungkas Prof.H.johni Najwan.

Baca: Link Live Streaming Timnas U-19 Indonesia Vs Qatar Live di RCTI, FIFA Puji Egy Maulana Vikri

Seminar ini diselenggarakan selama dua hari, tanggal 18-19 oktober 2019, dengan Narasumber Guru besar Univ. Andalas Prof.Dr,Ir,Aswaldi Anwar,MS., Dekan Fakultas pertanian UNJA Dr.Ir.Ahmad Riduan,M.Si., dan kepala PSP 3 IPB Dr.Sofyan Sjaf, SPt.,M.Si mewakili Rektor IPB yang berhalangan hadir.

Fakultas pertanian Universitas Jambi sukses selenggarakan seminar nasional yang bertajuk Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Berbasis Sumberdaya Lokal, dengan menghadirkan pakar pertanian dari IPB,  Universitas Andalas dan Universitas Jambi.
Fakultas pertanian Universitas Jambi sukses selenggarakan seminar nasional yang bertajuk Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Berbasis Sumberdaya Lokal, dengan menghadirkan pakar pertanian dari IPB, Universitas Andalas dan Universitas Jambi. (IST)

Antusias peserta sangat luar biasa, sebanyak 200 dosen dan mahasiswa hadir dalam seminar ini, dengan diantaranya ikut menyampaikan makalah sebanyak 138 orang.

Diskusi membahas tentang hasil pemikiran yang berasal dari kajian literatur dan penelitian pada bidang keilmuan (I) budidaya pertanian, (2) teknologi pertanian, (3) kehutanan,peternakan dan perikanan, (4) Pertanian dan lingkungan, (5) Teknologi pangan dan gizi, (6) Pembangunan agribisnis, dan (7) Sosial humaniora dan penyuluhan pertanian.

Baca: Link Live Streaming Inter Milan Vs AC Milan di HP Bisa Gunakan Cara Ini, Pukul 01.30 Dini Hari Nanti

Dekan F,Pertanian UNJA Dr.Ir.Ahmad Riduan,M.Si mengatakan bahwa saat ini minat masyarakat pada fakultas pertanian sangat tinggi,

“Kita berikan peluang pada mahasiswa untuk berinovasi, mengembangkan budidaya pertanian berdasarkan teknologi, sehingga hasil pertanian menjadi optimal”,ujarnya

Konsep berkelanjutan mengandung makna bahwa pengembangan produk pertanian yang dilakukan tetap memelihara kelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup guna menjaga kelanjutan pertanian dalam pemanfatan sumberdaya alam.

“Seminar ini bertujuan mengkaji literatur dan karya ilmiah dosen dan mahasiswa, serta membangun atmosfir akademik kampus untuk melahirkan ide baru dan inovasi baru”, tambah Prof.Dr.Ir.Suandi,M.Si

Pada hari kedua, panitia mengajak para peserta seminar untuk turun kelapangan melihat langsung kehidupan masyarakat lokal yang bisa menjadi inspirasi dalam karya ilmiahnya.

Sebanyak 138 Peserta menampilkan beberapa karya ilmiah, diantaranya tentang pengembangan jeruk siem di kerinci, analisis komparasi tingkat pendapatan usaha tani antara petani karet dan petani sawit, Pertumbuhan ternak puyuh yang diberi bungkul kepayang, karakteristik fisik dan mekanik biji teh, dan lainnya.

Editor: bandot
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved