Ekonomi Maju untuk Bungo Maju dan Sejahtera, HUT Ke-53 Kabupaten Bungo

Mashuri mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bungo secara makro menurut data BPS tahun 2017 sebesar 5,6 persen.

Ekonomi Maju untuk Bungo Maju dan Sejahtera, HUT Ke-53 Kabupaten Bungo
Tribun Jambi
Bupati Bungo,Mashuri. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Kabupaten Bungo sudah memasuki usia 53 tahun. Peringatan hari ulang tahun (HUT) Bungo mengambil tema “Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerataan Pembangunan yang Berkeadilan Untuk Bungo Maju dan Sejahtera”.

Tema ini tentu bukan tanpa landasan. Mashuri selaku Bupati Bungo mengatakan pihaknya terus bersinergi dengan masyarakat dalam membangun dan mencapai prestasi menuju Bungo yang sejahtera.

“Banyak yang harus kita syukuri atas pencapaian pembangunan Kabupaten Bungo sampai hari ini. Capaian pembangunan seyogyanya bukan hanya untuk dinikmati pada masa sekarang, tapi juga harus dirasakan dalam jangka panjang,” katanya.

“Pembangunan mesti berkelanjutan, karena itu, kita terus mengumpulkan energi untuk melakukan lompatan kemajuan, berani membuat kebijakan yang hasilnya tidak dinikmati saat ini saja, tapi bahkan generasi selanjutnya,” ungkapnya,

Mashuri mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bungo secara makro menurut data BPS tahun 2017 sebesar 5,67%, berada diatas Provinsi Jambi maupun Nasional.

“Dan kami cukup berbangga, jika dibandingkan dengan dua Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi yang pertumbuhan ekonominya di atas Kabupaten Bungo, tetapi mengalami penurunan jika dibandingkan pada tahun 2016. Maka, Kabupaten Bungo justru sebaliknya naik sebesar 0,47%. Pertumbuhan ekonomi yang stabil dan pengendalian inflasi yang terjaga membuat pembangunan menjadi lebih berkualitas dan dapat dirasakan dampaknya,” katanya.

Sedangkan dilihat dari struktur PDRB Kabupaten Bungo, sektor pertanian masih menjadi pemberi kontribusi terbesar perekonomian yaitu sebesar 21, 79%, diikuti oleh sektor pertambangan dan penggalian sebesar 17,94%, dan sektor perdagangan yang memberikan kontribusi sebesar 15,12%.

Selain itu dilihat dari pengukuran Indeks Pembangungan Manusia (IPM) yang merupakan penilaian gabungan tiga bidang urusan kegiatan pembangunan yaitu: pembangunan bidang kesehatan, pembangunan bidang pendidikan dan pembangunan ekonomi. Kabupaten Bungo menurut data BPS tahun 2017 menduduki urutan ke-4 Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi, yaitu sebesar 69,04 naik 0,27 dari tahun 2016.

Sementara pada indikator kemiskinan, Kabupaten Bungo mampu mengurangi jumlah penduduk miskin, yang menurut BPS pada tahun 2016 sebesar 20,96 ribu jiwa berkurang sebesar 0,15 ribu jiwa pada tahun 2017 dan Kabupaten Bungo berada pada urutan ke-4 Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi yang terendah dalam jumlah penduduk miskin.

Merujuk pula data BPS, tingkat pengangguran terbuka (TPT) Kabupaten Bungo pada tahun 2017 sebesar 3,43%, berada di bawah Provinsi Jambi sebesar 3,87% maupun Nasional sebesar 5,50%.

Halaman
1234
Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved