Lestarikan Seni Budaya Daerah, Pemkab Tanjabtim Gelar Festival Seni Budaya Tingkat SLTP dan SMA

"Sasaran kita adalah pelajar, agar generasi mereka tetap bisa melestarikan seni dan budaya kita," sebutnya.

Lestarikan Seni Budaya Daerah, Pemkab Tanjabtim Gelar Festival Seni Budaya Tingkat SLTP dan SMA
tribunjambi/zulkifli
Pemkab Tanjabtim, gelar festival seni dan budaya 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Puluhan pelajar tingkat SLTP dan SMA di Kabupaten Tanjung Jabung Timur mengikuti kegiatan Lomba Festival Seni Budaya Daerah tahun 2018 yang digelar Pemkab Tanjabtim, pada selasa (16/10).

Kegiatan ini juga merupakan satu diantara rangkaian kegiatan yang digelar pihak Dinas Parbudpora Tanjabtim dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Tanjabtim ke 19 Tahun 2018.

Baca: VIDEO: Macam Tarian di Festival 1000 Kopi Kerinci

Pemkab Tanjabtim menggelar festival seni dan budaya bagi siswa SMP dan SMA
Pemkab Tanjabtim menggelar festival seni dan budaya bagi siswa SMP dan SMA (tribunjambi/zulkifli)

Lomba Lagu Daerah, Lomba Tari Daerah, Lomba Panggung Bangsawan, serta Lomba Kulimtang merupakan jenis kesenian dan kebudayaan daerah Tanjabtim yang diperlombakan dalam Pesrival kali ini.

Kepala Dinas Parbudpora, Tanjabtim melalui Kabid Kebudayaa Amiruddin, saat diwawancarai Tribunjambi.com menyampaikan, kegiatan pestival kegiatan ini digelar selama empat hari terhitung sejak hari ini rabu (16/10) hingga puncaknya pada sabtu malam (20/10).

Baca: Diskusi Seni dan Lingkungan di Tribun Jambi, Tugas Menjaga Alam Menjadi Tanggung Jawab Bersama

"Puncaknya pada malam sabtu malam minggu besok, dibarengi dengan pemilihan bujang gadis Tanjabtim sekaligus pengumuman pemenang dan pemberian hadiah," kata Amiruddin, pada rabu (16/10)..

Dijelaskan Amiruddin, tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini untuk memperkenalkan kesenian dan kebudayaan khas Kabupaten Tanjung Jabung Timur kepada masyarakat khususnya bagi peserta yaitu pelajar.

Baca: BUMdes di Muarojambi Diminta Bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan

"Sasaran kita adalah pelajar, agar generasi mereka tetap bisa melestarikan seni dan budaya kita," sebutnya.

Kegiatan ini rutin digelar pihak Dinas Parbudpora Tanjabtim dan menjadi agenda tahunan. "Kita terus mengevaluasi agar kegiatan demi kegiatan menjadi lebih baik. kedepan kita punya wacana, bagi pemenang-pemenang lomba nanti akan kita libatkan disetiap event-event yang dilakasanakan Pemkab. Jadi mereka ini tidak hanya sebatas lomba saja, namun bakat mereka akan tetap diberdayakan," pungkas Amir.

Baca: Festival Kopi 1.000 Kerinci Spektakuler, Diikuti 30 Barista Jambi dan 70 Pembuat Kopi Terbaik

Sementara itu, dari pantauan Tribunjambi.com, di lokasi kegitan di Gedung PKK Kabupaten Tanjabtim, tengah berlangsung perlombaan lomba lagu daerah. Puluhan peserta dengan berpakaian khas Kabupaten Tanjabtim tampak siap-siap menunggu antrian tampilnya.

Dilain pihak tampak seorang peserta tengah menampilkan aksi tarik suara terbaiknya untuk mendapatkan nilai terbaik dari dewan juri.(*)

Penulis: Zulkifli
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved