Puluhan Ormas di Bungo Ilegal

Ada 77 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Ormas di Bungo, namun baru 17 persen yang terdaftar.

Puluhan Ormas di Bungo Ilegal
tribunnews.com
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Jaka HB

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Ada 77 Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Ormas di Bungo, namun baru 17 persen yang terdaftar.

Indones selaku Kepala Dinas Kesbangpol mengatakan Surat Keterangan Terdaftar (SKT ) Ormas di Bungo banyak yang tidak aktif atau bisa dikatakan ilegal.

“17 persen ini SKT masih berlaku atau sudah terdaftar,” ungkapnya.

Indones mengatakan pihaknya juga sering melakukan imbauan kepada anggota Ormas, tetapi hingga saat ini baru sekitar tujuh yang mendaftar dan sudah diverifikasi.

“Kendalanya mungkin banyak kelengkapan dari sekre yang masih kurang. Sehingga harus dilengkapi lagi,” imbuhnya.

Ormas harus semakin banyak di kalangan masyarakat. Tujuan mereka pun salah satunya untuk membela masyarakat kecil yang kurang perhatian pemerintah. Namun masih sebagian kecil dari LSM/Ormas yang tidak mendaftarkan kembali organisasinya. Hal tersebut perlu mendapat perhatian Kesbangpol.

Sementara terkait dana untuk pembinaan LSM/Ormas, Indones menyampaikan bahwa pada tahun ini tidak ada anggaran untuk hal tersebut. LSM/Ormas tidak mendapat bantuan karena memang keterbatasan anggaran dari Pemda. Meski begitu, pihaknya masih memfasilitasi jika ada yang ingin mengajukan SKT.

“Tidak ada dana untuk bantuan LSM, karena keterbatasan anggaran. Yang ada kita cuma ada fasilitasi, artinya ketika dia mau ngajukan SKT kita lihat ke lapangan, duduk dan rapat bersama mereka, batas itulah yang ada dananya dan kita fasilitasi,” ungkapnya.

Untuk dana pembinaan bagi LSM/ Ormas juga tidak ada. Kata Indones pihaknya sudah mengajukan usulan dana untuk LSM/Ormas, tetapi karena dana pemerintah daerah sangat terbatas, terpaksa belum bisa dialokasikan.

“Kalau programnya ada tetapi dananya yang tidak ada. Program seperti pembinaan LSM dan ormas, itu ditunda,” sebutnya

Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved