Lama Terbengkalai, Pemkab Tanjabtim Akan Aktifkan SPDN di Nipah Panjang

Sejak dibangun pada tahun 2012 lalu, SPDN di Nipah Panjang belum pernah beroperasi sama sekali.

Lama Terbengkalai, Pemkab Tanjabtim Akan Aktifkan SPDN di Nipah Panjang
Tribun Jambi/Zulkifli
Sholar Packed Dealer Nelayan (SPDN) di Kecamatan Nipah Panjang. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Setelah tidak beroperasi hingga beberapa tahun, Pemkab Tanjabtim melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan berupaya kembali mengaktifkan Sholar Packed Dealer Nelayan (SPDN) di Kecamatan Nipah Panjang.

Dengan aktifnya SPDN tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan BBM bagi nelayan untuk digunakan melaut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tanjung Jabung Timur, Ibnu Hayat saat dikonfirmasi Tribunjambi.com, pada Kamis (11/10) mengatakan, langkah pertama pihaknya melakukan kajian terkait keberadaan SPDN tersebut apakah itu milik kabupaten, provinsi, atau pusat.

"Namun hasil dari konsultasi kami dengan kementrian, bahwa itu secara tidak langsung itu punya pemerintah kabupaten, dengan alasan dana pembangunannya dana TP yang Timbapro Dinas Perikanan dan Pimpro adalah kementrian. Setelah itu kami konsultasikan dengan Badan Keuangan Daerah, BKD meminta surat dari kementrian yang menyatakan bahwa SPDN itu milik Pemkab," kata Ibnu Hayat.

Dilanjutkan Hayat, setelah surat itu diperoleh pihaknya akan melakukan kajian dan sudah melayangkan surat ke Pertamina SR Depo Jambi bersama-sama ke lapangan untuk melihat seberapa besar kerusakan dan menghitung biaya jika dibangun kembali.

"Karena ini perintah langsung oleh Pak Bupati untuk dikaji dan SPDN tersebut untuk diaktifkan," ujar Ibnu Hayat.

Selain itu menurut Hayat, Alasan lain untuk mengaktifkan lagi SPDN tersebut karena kuota BBM untuk SPDN itu masih ada sampai sekarang sebanyak 200 kilo liter per bulan. "Itu sudah sangat-sangat banyak betul sebenarnya," cetusnya.

Untuk Infrastruktur dan sarana prasana menuju ke lokasi Hayat menyebutkan Bupati Tanjung Jabung Timur siap mensuport.

Sperti diketahui, sejak dibangun pada tahun 2012 lalu, SPDN di Nipah Panjang belum pernah beroperasi sama sekali. Bahkan dari pantauan Tribunjambi.com, di lapangan tampak sejumlah fasilitas seperti tangki BBM telah mengalami kerusakan.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help