Begini Cara Mudah Atasi Sindrom Baby Blues pada Ibu Pasca-melahirkan

Gejala dari sindrom baby blues adalah seorang ibu akan merasa gampang marah dan gampang menangis tanpa alasan, mudah tersinggung.

Begini Cara Mudah Atasi Sindrom Baby Blues pada Ibu Pasca-melahirkan
Thinkstockphotos
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Beberapa gejala dari sindrom baby blues adalah seorang ibu akan merasa gampang marah dan gampang menangis tanpa alasan, mudah tersinggung, bahkan dampaknya akan enggan untuk memperhatikan si bayi.

Dijelaskan Natalia dari Biro Prikologi Talenta Jambi, gejala baby blues umumnya timbul pada minggu pertama setelah melahirkan.

“Cara mengatasinya paling mudah adalah relaksasi. Biasanya hal ini diajarkan di kelas persiapan melahirkan. Kita juga bisa berusaha mengatur pikiran kita bahwa kondisi ini sifatnya hormonal, pasti berlalu, tidak akan selamanya seperti ini,” jelasnya.

Baca: Sedih dan Mudah Marah Setelah Melahirkan, Kemungkinan Sindrom Baby Blues

Hal-hal menyenangkan juga bisa dilakukan pasca melahirkan misalnya shoping online karena belum bisa keluar rumah. Yang paling penting adalah dukungan suami dan keluarga besar dengan memaklumi kondisinya bukan justru menghakimi karena baby blues merupakan sesuatu yang sifatnya alami.

“Itu bisa reda dengan sendirinya atau butuh bantuan orang lain, tergantung pada kondisi hormonnya. Ibu juga harus menyadari bahwa dirinya sedang mengalami baby blues,” ungkapnya. 

Penulis: Nurlailis
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help